29 March 2024 - 15:54 15:54

Ini Perbedaan Penyakit Musim Hujan dan COVID-19

WartaPenaNews, Jakarta – Musim hujan dikaitkan dengan infeksi dan penyakit, terutama karena perubahan cuaca, penurunan kelembaban, genangan air, perkembangbiakan nyamuk dan lainnya.

Penyakit musim hujan biasanya muncul sebagai infeksi yang ditularkan melalui air dan udara yang menyebabkan penyakit seperti diare, kolera, demam berdarah, tifus, dan infeksi saluran pernapasan lainnya.

Namun, dalam pandemi, mungkin sulit untuk membedakan antara infeksi COVID-19 dan penyakit musim hujan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk tidak hanya waspada, tetapi juga menjaga diri Anda tetap aman dan sehat.

Dr Anita Mathew, spesialis penyakit menular di Rumah Sakit Fortis, Mulund mengatakan bahwa ketika seseorang terinfeksi penyakit musim hujan, mereka “tanpa sadar menyemprotkan tetesan kecil bakteri dan virus yang dapat dengan mudah ditularkan ke orang lain”.

“Bakteri ini masuk ke tubuh yang sehat melalui tangan, mulut, atau hidung, jika mereka berdiri di dekat orang yang terinfeksi. Dibutuhkan sekitar 16-48 jam bagi bakteri untuk berubah menjadi infeksi tanpa gejala. Oleh karena itu, memakai masker, menjaga kebersihan tangan, dan menjaga jarak adalah hal yang terpenting, terutama di masa COVID-19 ini,” kata dia.

Berikut adalah beberapa penyakit musim hujan yang umum, gejalanya, dan cara memahami perbedaan antara COVID-19 dikutip dari Indian Express.

1. Demam Berdarah

Penyakit ini muncul dengan sendirinya sebagai demam tinggi yang tiba-tiba, bersama dengan mual dan muntah, sakit tubuh yang parah, jumlah trombosit yang rendah, sakit mata – biasanya di belakang mata – nyeri otot, sendi, atau tulang, dan ruam.

2. Chikungunya

Seseorang mengalami demam tinggi dan kedinginan, disertai dengan rasa sakit dan kelelahan yang parah, ruam, nyeri sendi akut dan nyeri di perut, bagian belakang mata, persendian, atau otot.

3. Malaria

Jika Anda menderita malaria, Anda akan mengalami demam baik setiap hari, atau setiap hari bergantian. Anda juga akan mengalami sakit tubuh yang parah, kedinginan, berkeringat dan menggigil, bersama dengan diare, kebingungan mental, dan detak jantung yang cepat.

4. Demam karena virus

Sangat umum selama musim hujan, demam virus biasa disertai dengan kelelahan, nyeri otot dan sendi, kelemahan, menggigil, pusing, berkeringat, dehidrasi, kelemahan dan kehilangan nafsu makan.

5. COVID-19

Dan terakhir, infeksi COVID-19 tanpa henti, yang memiliki sejumlah gejala — demam, batuk kering, ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki, nyeri dan nyeri, kesulitan bernapas atau sesak napas, kelelahan , konjungtivitis, sakit kepala, kehilangan rasa atau bau, diare, sakit tenggorokan, nyeri atau tekanan dada, kehilangan bicara atau gerakan.

Dr Mathew mengatakan Anda masih bisa menikmati musim ini jika sedikit berhati-hati:
– Usahakan agar rumah dan lingkungan Anda bebas nyamuk.
– Gunakan obat nyamuk dan kenakan pakaian lengan penuh saat keluar.
– Hindari mengunjungi tempat-tempat ramai untuk mengurangi risiko infeksi virus.
– Minum air hangat.
– Konsumsi makanan segar buatan sendiri.
– Pastikan rumah Anda berventilasi baik.
– Cuci tangan sebelum makan makanan apapun.
– Hindari menyentuh hidung dan mulut dengan tangan tanpa mencucinya.

“Jika Anda melihat ada perubahan pada tubuh Anda, terutama gejala yang disebutkan di atas, segera konsultasikan ke dokter. Jangan lupa bahwa penundaan apa pun dapat menyebabkan komplikasi yang tidak diinginkan. Juga, jangan memanjakan diri dengan pengobatan sendiri,” tuturnya. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03