18 April 2024 - 11:21 11:21

Ini Pesan Willy Kurniawan kepada Pendaki Gunung Milenial

Jakarta, WartaPenaNews – Penggiat alam bebas Willy Kurniawan (35) mengajak kepada para pendaki gunung kalangan milenial untuk tetap menjaga kelestarian alam selama melakukan kegiatan pendakian. Salah satu caranya dengan tidak membuang sampah sembarangan di sepanjang jalur pendakian.

“Banyak dari pendaki tak paham soal kelestarian alam dengan membuang sampah di sepanjang jalur pendakian. Tindakan ini bisa berakibat pada rusaknya keindahan alam,” kata Willy di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Willy merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia yang terlibat dalam ekspedisi Arctic Circle 2019 yang diselenggarakan Fjaallraven Polar, brand perlengkapan olahraga outdoor asal Swedia.

Pada ekspedisi di Kutub Utara yang berlangsung 5-20 April 2019 dan diikuti oleh 20 negara dari berbagai benua, Willy berhasil melakukan perjalanan sejauh 300 kilometer ditengah suhu yang ekstrem.

Menurutnya, meningkatnya angka kecelakaan yang menimpa para pendaki setidaknya mengesankan bahwa kegiatan mendaki gunung hanya menjadi tren di kalangan milenial. Padahal, ditengah kemudahan akses internet para pendaki bisa sangat mudah menggali informasi terkait gunung yang akan didakinya.

“Padahal saat ini akses informasi pendakian mudah diakses melalui internet, seperti Youtube, Facebook, dll. Transportasi sangat mudah, bahkan peralatan lokal begitu mudah diperoleh. Ini yang mengkhawatirkan,” kata dia.

Dia pun menghimbau kepada para pendaki gunung, terutama pemula agar lebih mementingkan faktor keselamatan dengan memperhatikan aturan-aturan selama kegiatan pendakian.

“Para pendaki itu wajib membekali dirinya dengan ilmu survival untuk menghadapi situasi yang tak terduga,” kata Willy. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03