27 April 2024 - 21:09 21:09

Ini Sosok yang Dinilai Cocok untuk Gantikan Sri Mulyani

WARTAPENANEWS.COM – Sri Mulyani Indrawati tengah diisukan mau mundur dari posisinya sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Meski belum secara resmi keluar, sudah ada tiga nama pengganti yang diyakini mampu menggantikan Sri Mulyani di posisi terpenting di Kementerian Keuangan, yaitu Chatib Basri, Bambang Brojonegoro, serta Suahasil Nazara.

Ketiga nama itu disebut ideal karena tidak terafiliasi atau bukan seorang politikus dari partai tertentu.

Tidak hanya itu saja, ketiga nama itu memiliki prestasi yang membanggakan dan sudah cukup dikenal kalangan internasional.

Salah satu kandidat terkuat untuk menggantikan posisi Sri Mulyani adalah Suahasil Nazara yang memiliki rekam jejak yang baik sebagai Wamenkeu.

Bagi yang baru mendengarnya, berikut sedikit ulasan tentang profil Suahasil Nazara yang disebut cocok menggantikan Sri Mulyani.

Suahasil Nazara adalah seorang pejabat publik Indonesia yang menjabat sebagai Wakil Menteri Keuangan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sejak 25 Oktober.

Dilansir dari berbagai sumber, pria kelahiran 23 November 1970 ini mengenyam pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia di tahun 1994.

Suahasil melanjutkan studi di Universitas Cornell di Amerika Serikat pada tahun 1997 dan mendapat gelar Master of Science (MSc.) dan Universitas Illinois Urbana-Champaign di Amerika Serikat dengan gelar Doctor of Philosophy (PhD.).

Suahasil Nazara memulai karir sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dibidang pendidikan sebagai dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak tahun 1999.

Di tahun 2009, dia berhasil mendapat gelar Guru Besar (Profesor) di bidang Ilmu Ekonomi.

Selain menjadi dosen, Suahasil juga aktif di Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) sebagai pengurus dan pernah memegang jabatan sebagai Wakil Komite Pengawas Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) pada periode 2009-2015.

Di tahun yang sama, Suahasil juga menjabat sebagai Koordinator Pokja Kebijakan pada Sekretariat Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di Kantor Wakil Presiden RI (2010-2015), Anggota Dewan Komite Nasional (KEN) pada tahun 2013-2014, dan anggota Tim Asistensi Menteri Keuangan dibidang Desentralisasi Fiskal (2009-2011).

Di tahun 2015, Suahasil mendapat tanggung jawab sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF). Di tahun 2016, dia dilantik oleh Menteri Keuangan sebagai pejabat definitif Kepala BKF.

Setelah memiliki banyak pengalaman dan rekam jejak yang baik, Suahasil akhirnya dilantik sebagai Wakil Menteri Keuangan di tahun 2019.

Dia ditunjuk secara resmi oleh Presiden Joko Widodo untuk menemani para Menteri di Jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Dari berita yang beredar, Suahasil dipilih oleh Presiden Jokowi sebagai Wamenkeu karena telah berkecimpung di Kementerian Keuangan dan memiliki kinerja dan rekam jejak yang sangat baik.

Dilansir dari situs LHKPN, total kekayaan Suahasil Nazara per 31 Desember 2022 adalah sebesar Rp92.453.638.091 atau Rp92 miliar.

Sedangkan Sri Mulyani sebagai atasannya hanya memiliki kekayaan sebesar Rp68.717.903.184 atau Rp68 miliar per laporan 31 Desember 2022.

Dengan nilai kekayaan tersebut, Suahasil Nazara menjadi pejabat Kementerian Keuangan terkaya saat ini. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03