Ini yang Bikin Anda Bersyukur Hidup di Indonesia

Ilustrasi orang Indonesia Foto: Airy Rooms Blog

WartaPenaNews, Jakarta – Apakah Anda termasuk pribadi yang suka mengeluh? Mengeluh itu adalah sifat natural dari manusia sebagai respon dari ketidakpuasan, ketidaksukaan dan ketidaknyamanan. Nah mungkin Anda pernah mengeluh tentang kondisi negara Indonesia yang tercinta ini.

Baik dalam dunia nyata dan dunia maya semua orang pernah mengeluh. Salah satu hal yang paling dikeluhkan oleh kebanyakan orang Indonesia adalah tikus berdasi atau koruptor. Dikit-dikit koruptor. Tenang dulu, pemerintah sedang berusaha memberantasnya walaupun koruptor sendiri muncul diantara para pejabat negara.

Tapi tahukah Anda? Bahwa masih ada langit di atas langit. Ada beberapa negara di luar sana yang kondisinya jauh lebih buruk daripada Indonesia. Beberapa fakta tersebut Saya rangkum dalam daftar di bawah ini.

1. Kelaparan di Afrika

Di Afrika, kelaparan berada pada tingkat yang sangat mengkhawatirkan. Kelaparan di Afrika biasanya disebabkan karena gagal panen berturut-turut sampai karena sebuah wabah seperti meledaknya jumlah populasi belalang yang paling parah sepanjang sejarah.

Iklim yang mayoritas kering di Afrika membuat petani tak bisa berbuat banyak untuk mengolah lahan mereka. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Iklim tropis yang hangat dan sangat ideal untuk pertanian. Indonesia punya tanah yang subur serta frekuensi hujan yang tinggi.

2. Biaya Hidup di Jepang

Tahukah Anda bahwa negara impian para wibu ini ternyata memiliki biaya hidup yang mahal. Jika Anda sering melihat video dari channel Nihongo Manttappu pasti sudah tahu seberapa mahalnya harga kebutuhan yang ada di Jepang. Harga yang mahal tentu sebanding dengan kualitas dan gaji para pekerja di sana.

Dikutip dari situs Modern Living 1 porsi makan siang dihargai dengan ¥ 1000 yang jika dikonversikan ke rupiah akan setara dengan Rp. 125.695,-. Ini hampir 14× lipat dari harga makan siang di kota tempat Saya kuliah yakni Makassar. Bagaimana? Lebih memilih Jepang atau Indonesia?

Baca Juga: Reorganisasi dengan Cara Fair untuk Masa Depan yang Lebih Baik

3. Akses Internet di Korea Utara

Anda mengeluh kecepatan akses internet yang lemot? Masih ada orang yang mengalaminya jauh lebih buruk dari Anda. Mereka adalah orang-orang dari Korea Utara. Walaupun akses internet di sana sudah ada tetapi keberadaannya sangatlah terbatas. Hanya kalangan elit saja yang bisa mengakses internet dengan bebas.

Internet digunakan di Korea Utara sebagian besar difungsikan untuk lembaga pemerintahan dan orang asing yang datang ke sana. Lah bagaimana dengan kita Indonesia? Jaringan sudah 4G apalagi yang tinggal di perkotaan pasti enak sekali menikmati jaringan yang stabil.

4. Konflik di Timur Tengah

Semua orang di dunia tahu bahwa Timur Tengah merupakan wilayah yang tidak stabil di dunia ini. Pada awal tahun 2020, dunia digemparkan dengan terbunuhnya Jendral Iran Qasem Soleimani oleh sebuah drone militer milik Amerika Serikat.

Dibandingkan dengan Timur Tengah, ASEAN masih aman-aman saja walaupun sempat terjadi ketegangan antara Indonesia dan Tiongkok di Kepulauan Natuna. Perbedaan dan pemaksaan ideologi serta haus kekuasaan membuat peluang terjadinya konflik semakin besar.

5. Korea Selatan – Oplas Itu Mengerikan!

Jika memperhatikan gambar di atas secara saksama, kita dapat menarik kesimpulan bahwa mereka semua memiliki wajah yang hampir mirip satu sama lain. Inilah bagian yang paling mengerikan dari operasi plastik. Mereka terlihat seperti boneka yang mirip satu sama lain.

Sisi mengerikan lainnya dari operasi plastik adalah bahwa kecantikan buatan tidak bisa diturunkan kepada anaknya kelak. Bersyukurlah kita tinggal di Indonesia yang kecantikan wanitanya masih original. Dibandingkan dengan Korea Selatan dimana orang-orang kecanduan operasi plastik.

Itulah tadi 5 fakta yang akan membuat Anda merasa bersyukur tinggal di Indonesia yang indah ini. Berbanggalah menjadi bagian dari bangsa dan negara Indonesia! (mus)