29 April 2024 - 06:49 6:49

Ini yang Dibahas saat PM Anwar Bertemu dengan Presiden Erdogan

WARTAPENANEWS.COM –  Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela menghadiri Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York, AS, Rabu (20/9/2023).

Kedua pemimpin sepakat melakukan kerja sama lebih kuat dalam menangani sentimen Islamofobia dan rasisme yang semakin menggila di negara-negara Barat.

PM Anwar menyebut bahwa dirinya dan Presiden Erdogan memiliki pemikiran yang sama bahwa usaha memberikan penjelasan perlu digiatkan lagi.

Ia mengatakan jika isu mengenai Islam ini tidak berakhir maka hasilnya sangat buruk untuk masa depan, khususnya bagi generasi akan datang.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Malaysia Zambry Abd Kadir mengatakan pertemuan kedua pemimpin dan sahabat itu telah menghasilkan sebuah kolaborasi yang sangat berarti untuk kepentingan masyarakat dan dunia, serta meningkatkan lagi upaya membendung sentimen Islamofobia yang semakin meningkat.

Selain itu, menurut Zambry, keduanya juga menyentuh isu Palestina yang tidak menemukan jalan penyelesaian lebih dari 75 tahun.

PM Anwar dan Presiden Erdogan akan menegaskan pendirian lantang kedua negara itu di Sidang Majelis Umum PBB nanti.

Rakyat Palesina berhak mendapat perlindungan dan keadilan yang sama dari masyarakat dunia. Tidak boleh ada pendekatan berbeda untuk penyelesaian konflik di sana, ujar Zambry.

PM Anwar dan Presiden Erdogen bertemu di sela-sela menghadiri Sidang Majelis Umum PBB ke-78 di New York. Selain membahas upaya membendung Islamofobia dan rasisme, keduanya juga membahas peningkatan kerja sama investasi dan perdagangan salah satunya soal keterlibatan Malaysia Airports Holdings Berhad (MAHB) membesarkan terminal di Bandar Udara Internasional Istanbul Sabiha Gökçen (ISG).

Mereka juga membahas kerja sama pengembangan ekosistem pertahanan antara kedua-dua negara.

PM Anwar kemudian mengundang Presiden Erdogan untuk mengadakan lawatan resmi ke Malaysia sebelum penghujung tahun ini. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03