20 April 2024 - 21:01 21:01

Inilah 5 Penyebab Kenapa Kamu Tidak Lolos Kartu Prakerja

WartaPenaNews, Jakarta – Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 19 resmi dibuka pada Kamis, 26 Agustus kemarin.

Head of Communications Managemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, kuota peserta Kartu Prakerja Gelombang 19 sama seperti gelombang sebelumnya, yakni 800 ribu orang.

“Kami membuka seleksi gelombang 19 Kartu Prakerja,” kata Louisa, dikutip dari Kompas.com, Kamis (26/8/2021).

Bagi yang ingin mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 19, Anda tinggal membuat akun di www.prakerja.go.id dan mendaftar di sana.

Agar bisa lolos Kartu Prakerja Gelombang 19, penting untuk memperhatikan beberapa hal yang menyebabkan seseorang tidak lolos Prakerja. Apa saja?

Berikut penyebab paling umum seseorang tidak lolos Kartu Prakerja, dirangkum dari Tribunnews.

1. Masih sekolah atau kuliah
Salah satu syarat untuk mengikuti program Kartu Prakerja adalah tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Jika Anda sedang bersekolah atau kuliah dan mendaftar Kartu Prakerja, maka dapat dipastikan tidak lolos.

2. Sudah pernah menerima bantuan dari pemerintah
Selain itu, jika Anda pernah menerima bantuan sosial seperti, DTKS dari Kemensos, bantuan subsidi upah (BSU), hingga Bantuan Presiden (Banpres) Produktif untuk UMKM (BPUM) dan Anda mendaftar program Kartu Prakerja, dipastikan tidak akan lolos seleksi.

3. Termasuk daftar orang yang tidak bisa menjadi peserta
Pihak pelaksana program Kartu Prakerja membuat daftar orang-orang yang tidak bisa mengikuti program ini, di antaranya:

4. Pernah lolos Prakerja
Bagi yang pernah lolos Kartu Prakerja dan mendaftar lagi di gelombang selanjutnya, maka dipastikan tidak akan lolos. Sebab, NIK akan diblokir agar tidak bisa lolos seleksi Prakerja lagi. Hal ini dilakukan agar yang menerima Kartu Prakerja bisa merata.

“Mereka yang sudah pernah menerima Kartu Prakerja tidak boleh ikut seleksi, NIK-nya kami blok demi asas pemerataan,” kata Louisa.

5. Kuota terbatas
Jumlah kuota peserta Kartu Prakerja di setiap gelombang bisa berbeda-beda. Untuk kuota peserta Kartu Prakerja Gelombang 19 dibuka untuk 800 ribu orang.

Jumlah tersebut memang banyak, namun biasanya jumlah pendaftar Kartu Prakerja jauh lebih banyak dari kuota yang disediakan sehingga persaingan menjadi lebih ketat. []

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03