28 February 2024 - 00:09 0:09

Isu HAM Dianggap Sudah Tidak Relevan Diangkat di Debat Pilpres

WartaPenaNews, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal menggelar debat Pilpres 2019 dalam lima putaran yang akan dihelat mulai Januari hingga April. Debat pertama digelar pada Kamis (17/1), dengan peserta debat pasangan calon presiden-wakil presiden. Adapun tema yang diangkat pada debat pertama menyangkut persoalan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Dalam sesi debat pertama tersebut, pasangan Joko Widodo-Maruf Amin mengusung 17 program aksi HAM dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno 6 program aksi.

Namun, sebagian pihak menilai bahwa isu HAM yang akan diangkat pada debat capres-cawapres, Kamis (17/1) malam nanti dianggap sudah tidak relevan. Pasalnya, dalam beberapa tahun belakangan ini penyelesaian masalah kasus HAM tidak kunjung diselesaikan oleh siapapun Presidennya.

“Masalah penyelesaian HAM tidak pernah ketemu. Waktu Presidennya Pak Habibie lewat, Gusdur lewat, Megawati lewat, dan pada Pilpres 2004 Bu Mega juga menggandeng Prabowo sebagai Wapres. Lalu SBY selama 10 tahun juga lewat. Pak Jokowi juga lewat nampaknya. Jadi isu HAM ini sudah gak fair untuk diangkat,” kata Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah di Jakarta, Rabu (16/1).

Menurut Fahri, tidak relevannya isu HAM diangkat pada debat Pilpres tahun ini karena, masing-masing paslon memiliki tanggungjawab dan permasalahan yang sama. Terlebih dia menilai, isu HAM ini hanya dijadikan kepentingan politik, melainkan bukan hukum.

“Isu HAM sekarang bukan masalah hukum tapi masalah politik, kalau masalahnya politik, kita berdebatnya nanti saja setelah siapa Presiden yang terpilih, untuk meminta tanggungjawab meringankan beban negara,” ujarnya.

Untuk itu Fahri berharap, debat perdana Pilpres nanti berlangsung seru. Masing-masing pasangan calon harus bertarung secara maksimal. Sebab, debat Pilpres merupakan sajian bagi rakyat untuk menentukan pilihan.

“Saya berharap, agar kedua pasangan Capres dan Cawapres pada debat nanti jangan kayak cerdas cermat, cerdas tangkas dan harus betul-betul saling nguji,” pungkasnya. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 February 2024 - 12:12
Ini Penyebab Sakit Kepala karena Sering Begadang

WARTAPENANEWS.COM  -  Terlalu asik mengerjakan sesuatu terkadang membuat Anda lupa waktu untuk beristirahat. Kerap kali waktu tidur di malam hari dimanfaatkan untuk begadang menyelesaikan beberapa pekerjaan atau sekadar asik berselancar

01
|
27 February 2024 - 11:08
Rumah Warga di Cilodong Kebakaran

WARTAPENANEWS.COM  - Sebuah rumah di Perumahan Taman Cimanggis Indah, Sukamaju, Cilodong, Kota Depok, kebakaran, pada Senin 26 Februari 2024, sekira pukul 23.55 WIB. Kasi Penyelamatan Dinasb Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan

02
|
27 February 2024 - 10:13
Pemkot Depok Tutup JPO di Taman SeCawan untuk Sementara

WARTAPENANEWS.COM  - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) menutup sementara jembatan penyebrangan orang (JPO) yang ada di Taman SeCawan Jalan Salak, Depok Jaya, Pancoran Mas,

03