21 June 2024 - 08:15 8:15

Jambi Diselimuti Kabut Asap, Warga Diminta Kurangi Keluar Rumah

WARTAPENANEWS.COM –  Gubernur Jambi Al Haris mengeluarkan Surat Edaran Nomor 1377/SE/DLH-3/2023 tentang antisipasi kualitas udara yang memburuk di Provinsi Jambi. Salah satu poin isinya mengimbau masyarakat setempat mengurangi aktivitas di luar rumah bila tidak penting.

“Tugas kami sebagai satgas adalah mengatasi kebakaran lahan supaya tidak meluas, termasuk kami sudah menerbitkan surat edaran,” kata dia dikutip dari Antara, Jumat (8/9).

Al Haris menyampaikan itu usai mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam rangka kesiapan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Jambi.

Poin kedua dari surat edaran gubernur isinya mengimbau masyarakat menggunakan masker bila harus beraktivitas di luar rumah. Hal ini guna mengurangi dampak gangguan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Poin terakhir isi surat edaran, Gubernur Al Haris menyatakan jika asap akibat karhutla semakin pekat dan kondisi ISPU (Indeks Standar Pencemaran Udara) menunjukkan level tidak sehat, maka para bupati/wali kota dan pimpinan perangkat daerah di lingkungan Pemprov Jambi dapat mengambil langkah diperlukan. Hal ini untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan, termasuk kemungkinan meliburkan anak sekolah.

“Penyebab kebakaran lahan ini adalah karena angin yang bertiup dari arah selatan menuju Jambi. Kita juga menyiapkan water bombing yang digunakan untuk memadamkan api,” kata Al Haris.

Sementara itu, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dalam keterangannya memuji langkah Gubernur Jambi Al Haris bersama Satgas Karhutla yang terlihat sangat kompak dalam mengatasi kebakaran lahan.

“Alhamdulillah, saya melihat Provinsi Jambi di bawah komando Gubernur Al Haris ini terlihat sangat kompak dan bersinergi dalam mengatasi kebakaran lahan sehingga ini bisa diantisipasi lebih awal,” kata Dudung.

Ia juga mengatakan bahwa dirinya bersama gubernur, Pangdam Sriwijaya, Kapolda Jambi, Danrem, dan Komisi I DPR RI turun langsung meninjau lokasi kebakaran lahan.

“Alhamdulillah, Jambi masih sangat baik dan saya juga berkoordinasi terkait peralatan yang ada.

Saya sudah koordinasi dengan gubernur dan gubernur akan mendukung secara langsung peralatan, baik untuk Babinsa dan kepolisian. Semuanya akan dievaluasi, di mana kekurangannya nanti akan didukung,” tambah Dudung. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 June 2024 - 08:10
Viral, Pria Mualaf Bawa Babi untuk Kurban

WARTAPENANEWS.COM –  Euforia Idul Adha masih terasa hingga saat ini. Berbagai momen menarik dan unik di hari raya kurban ini pun belakangan mewarnai media sosial. Salah satunya adalah seorang pria

01
|
21 June 2024 - 07:35
Terbukti Terima Suap Rp 40 Miliar, Achsanul Qosasi Divonis 2,5 Tahun Penjara

WARTAPENANEWS.COM – Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI nonaktif Achsanul Qosasi divonis 2 tahun 6 bulan penjara dalam kasus penerimaan suap korupsi BTS Bakti Kominfo. Majelis Hakim Pengadilan Tipikor

02
|
21 June 2024 - 07:11
Kamp-Kamp Pengungsi di Tengah Gaza Digempur Pasukan Israel

WARTAPENANEWS.COM –  Beberapa serangan udara Israel di Jalur Gaza tengah dan utara semalam hingga Kamis (20/6/2024) menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai puluhan lainnya. Sementara tank terus masuk memperdalam invasi

03