20 April 2024 - 07:23 7:23

Jangan Cium Bibir yang Tidak Sehat Bisa Menyebabkan 9 Penyakit

WartaPenaNews, Jakarta – Ada risiko penyakit yang mengintai jika ciuman dilakukan secara sembarangan, terlebih ciuman bibir dan bibir. Seseorang bisa terkena penyakit menular akibat ciuman yang tidak sehat. Bahkan ada artikel yang membahas bahwa mulut adalah salah satu bagian terkotor dari tubuh kita. Sehingga sangat memungkinkan seseorang dapat tertular penyakit berbahaya lewat ciuman bibir.

Jadi sebelum Anda melakukan ciuman pada kencan pertama, pikirkan dua kali akibatnya. Berikut ini risiko penyakit yang bisa ditularkan akibat ciuman bibir yang tidak higienis:

Periodontitis

Ciuman bibir juga dapat membuat seseorang menderita periodontitis yang bisa ditularkan dari pasangannya. Periodontitis adalah penyakit yang ditandai oleh peradangan jaringan lunak mulut serta gusi. Jika tidak diobati, periodontitis dapat menyebabkan kehilangan gigi.

Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut

Disebabkan oleh virus coxsackie, penyakit tangan, kaki dan mulut
ditandai dengan adanya luka lepuh pada mulut, dan ruam atau bintik-bintik merah pada tangan serta kaki. Penyakit ini sangat menular dan biasanya dialami oleh anak-anak berusia di bawah lima tahun. Namun, orang dewasa seperti Anda juga bisa tertular oleh penyakit ini. Kemungkinan memiliki penyakit tangan, kaki, dan mulut tinggi jika berciuman dengan seseorang yang menderita penyakit tersebut, terutama jika orang tersebut memiliki luka terbuka di mulutnya.

Radang Tenggorokan

Seperti namanya, radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi streptokokus. Penyakit radang tenggorokan membuat tenggorokan terasa gatal dan sakit, serta bisa menyebabkan demam. Bahkan dalam tahap serius serius penyakit ini bisa menyebabkan beberapa komplikasi serius seperti demam rematik dan peradangan ginjal.

Sakit Demam Biasa

Anda bisa masuk angin ketika bertukar ludah dengan seseorang yang mengidapnya atau menyembunyikan virus di tubuhnya. Sebenarnya, flu biasa menyebar dengan melakukan kontak dengan sekresi tenggorokan orang yang terinfeksi. Jadi, pikir dua kali jika mau mencium bibir orang karena kita tidak tahu yang sebenarnya.

Sakit Flu

Sama seperti halnya demam biasa, infeksi saluran pernapasan atas ini juga bisa ditularkan melalui ciuman. Jangan sekali-kali mencium seseorang yang menderita batuk, mengalami hidung tersumbat atau pilek, sakit tenggorokan dan demam jika Anda tidak ingin tertular olehnya.

Luka Infeksi (Cold Sore)

Anda tidak bisa mendapatkan herpes simplex virus-1 (HSV-1), virus yang menyebabkan luka dingin, dari air liur orang yang terinfeksi. Sebaliknya, Anda bisa mendapatkan ini ketika mencium seseorang yang memiliki luka dingin di bibir atau di dekat mulut – terutama jika luka terbuka dan bocor. Jaga mata Anda terkupas sebelum mengunci bibir dengan yang ada di depan Anda!

Sariawan Oral

Meskipun sariawan oral tidak benar-benar dianggap sebagai penyakit menular seksual (PMS), namun tetap tidak boleh disepelekan. Terutama jika sistem kekebalan tubuh dalam keadaan lemah, Anda dapat dengan mudah terkena sariawan oral dari mencium seseorang yang memilikinya.

Hepatitis B

Hepatitis B adalah penyakit menular yang menyebabkan peradangan hati, umumnya ditularkan melalui kontak langsung dengan darah orang yang terinfeksi. Namun, ada kemungkinan seseorang bisa terkena hepatitis B lewat ciuman mulut. Terlebih jika lawan Anda memiliki luka terbuka di mulut.

Infeksi Mononukleosis

Penularan infeksi mononukleosis disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV). Meskipun infeksi ini tidak terlalu serius dan cenderung hilang dalam satu atau dua bulan, infeksi ini bisa membuat seseorang sakit tenggorokan, demam tinggi dan pembengkakan kelenjar getah bening. Omong-omong, infeksi mononukleosis juga dikenal sebagai “penyakit berciuman“. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03