29 March 2024 - 22:43 22:43

Jangan Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur

WartaPenaNews, Jakarta – Istirahat malam atau tidur malam sangat penting dilakukan agar tubuh bisa istirahat setelah seharian beraktivitas. Kalau tidak mendapatkan tidur yang cukup, paginya tubuh bisa pegal dan mood acak-acakan. Bagus atau cukupnya tidur tergantung dari kitanya sendiri. Apa yang kita lakukan sebelum tidur bisa mempengaruhi kualitas tidur kita. Ada sejumlah hal yang tidak seharusnya dilakukan sebelum naik ke tempat tidur. Apa saja hal yang tidak sebaiknya dilakukan tersebut? Berikut penjelasannya.

10. Mandi Air Panas

Tubuh kita memiliki cara kerja yang unik. Ketika malam hari tiba, tubuh secara otomatis akan menurunkan suhunya. Penurunan tubuh kita ini sebagai tanda bahwa tubuh siap untuk istirahat dan sudah seharusnya kita memberikan waktu bagi tubuh kita untuk mengisi kembali tenaga setelah seharian bekerja atau sekolah.

Sebelum tidur, pastinya kita akan mandi terlebih dahulu agar tubuh bersih dari bakteri dan kotoran. Apabila kalian ingin segera tidur, lebih baik memilih untuk mandi dengan air bersuhu ruangan atau agak rendah. Apabila kalian mandi dengan air panas, maka ini bisa membuat suhu tubuh yang sudah turun malah menjadi naik kembali. Akibatnya membuat kalian malah merasa segar dan tidak ingin tidur.

9. Menonton Film Horror

Ada banyak cara untuk meningkatkan adrenalin seseorang. Selain dengan melakukan aktivitas menantang seperti olahraga ekstrim, ternyata menonton film horror juga bisa meningkatkan adrenalin dan detak jantung seseorang. Paling menyenangkan memang kalau menonton film horror itu sendirian di malam hari.

Terlihat menyenangkan, menonton film horror malah bisa membuat seseorang jadi susah untuk tidur. Itu dikarenakan detak jantung dan adrenalin yang sedang tinggi akibat menonton adegan seram dalam film. Kalau kalian tipe orang yang mudah merasa takut, sebaiknya sebelum tidur jangan pernah menonton film horror.

8. Minum Kopi

Sahabat paling baik untuk menemani malam selain indomie adalah kopi. Kopi menjadi minuman favorit banyak orang ketika sedang begadang. Entah itu begadang karena bekerja atau hal lain. Kafein dalam kopi bisa membantu seseorang untuk tetap terjaga sehingga bisa tetap bekerja meski tubuh dan mata sudah lelah.

Perlu diingat bahwa tubuh manusia perlu mendapatkan istirahat malam yang cukup agar bisa bangun dengan segar di pagi hari. Menenggak segelas kopi atau minuman lain yang juga mengandung kafein malah bisa membuat detak jantung meningkat yang akhirnya membuat tubuh susah untuk istirahat. Daripada minum kopi, lebih baik minum air putih secukupnya sebelum tidur.

7. Minum Alkohol

Orang yang minum minuman beralkohol beranggapan bahwa minum alkohol sebelum tidur bisa membantu mereka tidur lebih cepat. Karena ketika sudah mabuk, melihat tempat tidur bisa langsung merebahkan diri. Mungkin alkohol bisa membuat kalian tidur lebih cepat, tapi yang dicari bukanlah itu melainkan kualitas tidur.

Alkohol memang bisa membuat orang tidur lebih cepat dari biasanya. Tapi kualitas tidur menjadi menurun. Gula yang terkandung dalam minuman beralkohol bisa mengganggu Rapid Eye Movement (REM). Inilah kenapa orang yang minum minuman beralkohol sebelum tidur, bangunnya tubuh terasa pegal dan kepala pusing.

6. Olahraga

Ketika seseorang ingin tetap sehat di kesibukan yang sangat super, tak sedikit orang memilih untuk melakukan olahraga di malam hari. Hal ini memunculkan perdebatan sengit antara mana yang lebih sehat, olahraga malam atau olahraga pagi. Yang mana yang menjadi pilihan kalian, masing-masing memiliki sisi positif dan negatif.

Untuk yang memilih olahraga malam, ada kemungkinan bahwa kalian akan mengalami kesulitan tidur. Ini bisa dikarenakan tubuh merasa sangat lelah sehingga mau tidur jadi susah atau bisa juga tubuh menjadi segar karena sensasi setelah olahraga yang masih terasa. Kalau kalian tipe orang yang capek sekali tidak bisa tidur atau merasa segar setelah olahraga, lebih baik geser jam olahraga kalian di pagi atau siang hari. Ini dilakukan agar kalian bisa tidur tepat waktu.

5. Minum Air Terlalu Banyak

Memang benar bahwa sebelum tidur disarankan untuk minum air putih. Hal ini dilakukan agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Meski sedang tidur, metabolisme tubuh tetap berjalan namun dalam tempo yang lebih lambat. Belum lagi ditambah dengan udara yang kita hembuskan juga mengandung uap air. Jadi, cairan dalam tubuh kita berkurang.

Namun perlu diperhatikan bahwa meminum air putih dalam jumlah seperti apa yang diperbolehkan. Karena kalau kurang akan membuat kalian kehausan di pagi hari. Kalau terlalu banyak malah bisa membuat kalian bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air. Tentu tidak enak kalau lagi tidur malah harus terbangun karena harus buang air kecil.

4. Makan Makanan Pedas

Apa yang dimakan menjelang tidur juga bisa berpengaruh terhadap tidur seseorang. Disarankan untuk tidak makan makanan yang terlalu berat agar perut tidak terlalu penuh. Makan sedikit karbohidrat, tapi tinggi protein dan serat. Jangan sekali-kali makan malam dengan makanan yang pedas meski kalian suka.

Makanan pedas memang terlihat menarik dan enak. Tapi dibalik itu, kalian malah bisa mendapatkan masalah sebelum tidur atau bahkan di pagi hari. Makanan pedas bisa membuat nafsu makan bertambah karena pengaruh capsaicin. Makan terlalu banyak membuat perut penuh dan sulit tidur. Atau efek lainnya, perut kalian akan terasa panas dan juga berujung jadi susah tidur.

3. Mengerjakan Tugas Kantor atau Sekolah

Sesibuk atau sebanyak apapun pekerjaan yang didapat, bukan hal yang bijak apabila memaksakan diri untuk begadang di malam hari untuk bekerja. Tubuh perlu istirahat, dan kalau sudah tiba waktunya istirahat lebih baik beristirahatlah. Sangat tidak sebanding mengorbankan kesehatan demi hal lain.

Lebih baik kalian kerjakan pekerjaan kalian di esok hari daripada di malam hari. Karena bekerja di malam hari malam membuat kalian akan sulit tidur karena kalian akan merasa bahwa pekerjaan masih banyak dan musti diselesaikan semua. Belajar untuk mengatur waktu mengerjakan tugas kantor dan istirahat untuk kesehatan jangka panjang.

2. Bermain Handphone

Hampir semua orang pasti punya handphone. Baik itu anak-anak sampai orang tua setidaknya punya satu. Handphone sekarang jauh lebih canggih daripada zaman dulu. Banyak hal bisa dilakukan di handphone sekarang seperti mendengarkan musik, menonton video, browsing, dan bermain video game. Makanya handphone sekarang disebut dengan smartphone.

Kehadiran smartphone ini sangat mempengaruhi manusia. Setiap saat orang pasti akan mengecek handphonenya. Mau itu di rumah, kantor, sekolah, kamar mandi, bahkan sebelum tidur juga masih membuka handphone. Anak-anak bahkan orang dewasa, sebelum tidur saja bahkan masih menyempatkan diri bermain video game. Video game itu sangat adiktif, kalian buka sebentar, tahu-tahu jam sudah lewat tengah malam. Jika sudah demikian, jam tidur pun jadi berkurang.

1. Membuka Sosial Media

Masih berkaitan dengan smartphone, selain bisa bermain video game, smartphone juga memiliki banyak sosial media. Di sosial media inilah kita banyak mendapatkan informasi dan berkenalan dengan banyak orang dari berbagai negara. Dengan begitu, sosial media sama adiktifnya seperti bermain video game. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03