6 May 2024 - 05:06 5:06

Jelang Ramadhan, Harga Sembako Melonjak

wartapenanews.com – Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, namun harga barang pokok hingga BBM melonjak. Selain harga minyak goreng yang masih tinggi, Pertamax naik dari Rp 9.000 menjadi Rp 12.500 per liternya. Selain itu tarif pajak pertambahan nilai (PPN) juga meningkat menjadi 11%.

Menanggapi hal ini, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani berharap pemerintah bisa melakukan intervensi lewat operasi pasar. Muzani juga mengingatkan pemerintah memenuhi pasar dengan produk lokal, bukan impor.

“Kita harus memanfaatkan keterampilan para petani kita. Sumber-sumber makanan yang dihasilkan para petani mulai dari beras, sayur mayur, buah harus bisa menjadi keberkahan bagi makanan kita sehari-hari.

Caranya dengan tidak memasukkan bahan atau barang impor ke pasar. Sehingga itu menjadi keberkahan bagi kita semua, termasuk peningkatan kesejahteraan para petani,” kata Muzani dalam keterangannya, Jumat (1/4).

Muzani memaklumi bahwa kenaikan harga barang pokok menyusahkan masyarakat. Apalagi, kenaikan harga BBM dan PPN, harga sembako naik dalam waktu yang hampir bersamaan.

Namun, Muzani meminta masyarakat bersabar dan memahami kondisi ini terjadi karena dipengaruhi situasi global. Seperti konflik Rusia dan Ukraina.

“Berbagai macam penyambutan dilakukan menghadapi bulan yang penuh berkah ini. Otomatis konsumsi masyarakat meningkat. Namun, kita menghadapi kenyataan bahwa harga-harga sembako naik,” kata dia.

“Beban pengeluaran dari kenaikan itu tentu saja berat dan ini dapat mengganggu kekhusyukan kita dalam menjalankan ibadah puasa, karena ekonomi belum sepenuhnya pulih. Tapi kami percaya kesabaran kita dalam menghadapi persoalan ini, termasuk ekonomi, tidak akan mengganggu kita dalam menjalankan ibadah puasa,” tutup Muzani. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03