29 April 2024 - 17:24 17:24

Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Kanker Payudara

WartaPenaNews, Jakarta – Pemicu timbulnya kanker payudara ialah kerusakan DNA yang menyebabkan sel bertumbuh mengganas. Penyebab kerusakan ini terdapat beberapa; tak jarang dikarenakan oleh kebiasaan dan gaya hidup yang kurang sehat. Nah tuturnya, ada banyak jenis makanan yang diduga bisa jadi pemicu mengembangnya sel kanker di payudara. Apakah benar?
Makanan dan minuman pemicu kanker payudara

Ada berbagai makanan dan minuman yang diduga kuat jadi pemicu mengembangnya sel kanker di payudara. Rata-rata ialah sumber pangan yang memang terbilang kurang sehat, seperti daging merah berlemak sampai alkohol.

Peluang Anda untuk terkena kanker dari konsumsi makanan-makanan ini bahkan bisa bertambah, apabila Anda memang sudah termasuk beresiko tinggi.

Tersebut penjelasannya lebih detilnya:

1. Daging merah

Daging merah mengandung lemak jemu dan kolesterol yang tambah tinggi dibanding dengan daging putih seperti unggas atau ikan.

Bila Anda terlalu banyak makan daging merah dalam periode panjang, lemak badan dan kadar kolesterol darah terus bertambah. Ini bisa tingkatkan efek Anda mengalami obesitas, yang jadi satu diantara faktor penyebab terbentuknya sel kanker pada tubuh.

Wanita yang memiliki lemak berlebihan dalam tubuhnya condong memproduksi semakin banyak jumlahnya estrogen dari seharusnya. Kelebihan estrogen pada tubuh ialah faktor penyebab perkembangan sel kanker payudara.

2. Gula

Gula bukan makanan yang jadi pemicu langsung kanker payudara. Tetapi, kebanyakan makan gula dapat tingkatkan efek Anda terkena kanker payudara dengan cara tingkatkan berat badan berlebihan.

Satu riset di BMJ mengatakan, makanan manis yang mengandung gula tinggi merubah kerja insulin badan hingga berpotensi menyebabkan resistensi insulin.

Resistensi insulin membuat badan tidak dapat memberi respon insulin. Mengakibatkan, makin banyak glukosa yang mengalir bebas dalam pembuluh darah. Ini selanjutnya menyebabkan badan memproduksi semakin banyak hormon estrogen dan androgen. Saat produksi kedua hormon ini tak teratasi, efek kanker payudara bisa bertambah.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, batas mengonsumsi gula per harinya sekitar 50 gr atau sama dengan 5-9 sendok teh. Butuh diingat jika gula tak cuma bermakna gula pasir saja. Gula berada di hampir semua produk makanan dan minuman paket. Ubahlah kebiasaan minuman paket dengan air putih yang tambah lebih sehat.

3. Makanan yang dibakar

Mengonsumsi makanan yang dibakar termasuk satu diantara pemicu mengembangnya sel kanker di payudara.

Memanggang atau membakar daging di atas api tinggi dalam tempo lama menyebabkan terbentuknya senyawa disebutkan heterocyclic amine (HCA) dan policyclic aromatic hydrocarbon (PAH). Ke-2 senyawa ini termasuk sebagai zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker.

HCAs tercipta dari asam amino, glukosa, dan kreatin di otot sapi, ayam, atau kambing yang bereaksi pada panas bara api. Sesaat PAH tercipta saat lemak dan cairan dalam daging keluar dan menetes ke api pembakaran, menyebabkan munculnya kobaran api dan asap. Asap yang mengandung PAH ini selanjutnya melekat pada daging. PAHs dapat juga ditemukan dalam makanan hangus, pada asap rokok, dan asap knalpot mobil.

Tetapi demikian, kedua senyawa ini tidak bisa langsung menyebabkan kanker. Ke-2 senyawa ini baru menyebabkan kanker bila sudah menyebabkan kerusakan pada DNA (mutagenik). Untuk dapat merusak DNA, HCA dan PAH harus terlebih dulu diaktivasi oleh enzim tersendiri pada tubuh.

Supaya daging yang dimakan tetap sehat, Anda dapat memasak dengan cara merebus atau mengukusnya.

4. Makanan kalengan

Makanan kaleng dipercaya kuat bisa jadi faktor pemicu mengembangnya kanker payudara. Ini karena bagian sisi dalam kaleng biasanya dilapis oleh bisphenol-A (BPA). BPA merupakan bahan kimia yang sudah dapat dibuktikan merusak dapat DNA di badan, dan tingkatkan efek Anda terkena kanker payudara.

Diluar itu, makanan kalengan condong diproses dengan beberapa penambahan gula, garam, dan pengawet. Beberapa bahan penambahan ini tentunya tak sehat buat badan jika dikonsumsi terlalu banyak

Bila Anda berbelanja makanan kaleng, yakinkan kalengnya dikasih cap dengan jelas “Bebas BPA”. Semestinya batasi mengonsumsi makanan kaleng Anda, minimum cuma satu kaleng untuk 1 minggu.

Lebih baik memperbanyak makan makanan fresh yang dibuat langsung. Pilih sayur, buah, dan ikan fresh yang berada di pasar untuk Anda olah sendiri di rumah.

5. Makanan yang mengandung lemak trans dan jemu

Badan memerlukan konsumsi lemak sebagai sumber daya yang diperlukan sehari-hari. Tetapi, jenis lemak yang diperlukan untuk ini ialah yang sehat, seperti lemak tak jemu tunggal dan lemak tak jemu ganda.

Sebaliknya, lemak trans dan lemak jemu butuh dijauhi atau dibatasi karena kurang baik buat badan. Terlalu banyak makan makanan yang mengandung dua lemak jahat ini bisa saja pemicu kanker payudara.

Lemak trans biasanya terdapat banyak makanan olahan dan paket seperti biskuit dan makanan ringan paket yang lain. Sesaat lemak jemu ada pada santan, mentega, dan produk susu.

6. Alkohol

Minuman mengandung alkohol dan bir sudah sejak lama ditetapkan sebagai minuman yang bisa tingkatkan efek kanker mulut, kolorektal, dan kanker payudara.

Untuk Anda yang suka minum alkohol, semestinya batasi bagian konsumsinya cuma 1-2 gelas saja per minggu. Tetapi, akan tambah lebih baik jika Anda hentikan kebiasaan ini benar-benar untuk kesehatan yang lebih baik.

Walau susah di awal, semakin lama Anda akan terlatih jika kemauan dan kemauan dalam diri kuat. Sayangi badan Anda dengan berhenti minum alkohol mulai saat ini.

Mulai saat ini, yuk coba batasi berbagai makanan pemicu kanker payudara dalam menu harian Anda! (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 April 2024 - 12:13
Polisi Selidiki soal Pelat BMW Emas Milik Pelaku Pembunuhan Remaja Open BO

WARTAPENANEWS.COM – Baru-baru ini, beredar sebuah foto di media sosial yang memperlihatkan mobil BMW berwarna emas milik Arif Nugroho, pelaku yang mencekoki remaja 16 tahun hingga tewas di sebuah hotel

01
|
29 April 2024 - 11:19
Ayah di Jambi Cabuli Anak Kandungnya Berkali-kali

WARTAPENANEWS.COM – Seorang ayah di Desa Mekar Limau Manis, Kecamatan Tabir Ilir, Kabupaten Merangin, Jambi hampir menjadi bulan-bulanan tetangganya, jika tidak cepat diamankan ke kantor polisi oleh anggota Bhabinkamtibmas Aipda

02
|
29 April 2024 - 10:09
Daratan Selatan AS Diterjang Angin Puting Beliung

WARTAPENANEWS.COM – Puluhan angin puting beliung melanda daratan selatan Amerika Serikat, akhir pekan kemarin. Setidaknya empat orang tewas, termasuk seorang bayi berusia empat bulan, di Negara Bagian Oklahoma. Selain itu,

03