27 April 2024 - 16:46 16:46

Jet Tempur F-16 AS Jatuh di Lepas Pantai Korsel

WARTAPENANEWS.COM  –  Jet tempur F-16 buatan Amerika Serikat (AS) mengalami keadaan darurat saat sedang terbang di atas Laut Barat Korea Selatan dan dilaporkan jatuh pada Rabu (31/1) pagi waktu setempat.

Menurut militer AS, pilot jet tempur F-16 Fighting Falcon itu berhasil mengevakuasi diri — loncat keluar dari jet. Sementara Penjaga Pantai Korea Selatan mengatakan, jet tempur jatuh di dekat Pulau Mokdeok, yang terletak di lepas pantai barat Korea Selatan.

“Sebuah F-16 Fighting Falcon yang ditugaskan di Wing Tempur ke-8 di sini mengalami keadaan darurat dalam penerbangan di atas Laut Barat dan jatuh sekitar pukul 8:41 pagi hari ini,” bunyi pernyataan militer AS, seperti dikutip dari AFP.

“Pilot melontar dengan selamat dan ditemukan sekitar pukul 9:30 pagi. Dia dalam keadaan sadar dan dibawa ke fasilitas medis untuk diperiksa,” imbuhnya, tanpa menjelaskan misi apa yang dimiliki jet tempur ini.

Dalam pernyataan tersebut, Komandan Wing Tempur ke-8 Korea Selatan, Kolonel Matthew C. Gaetke, menyatakan apresiasinya atas kerja sama yang erat antara pasukan AS dan Korea Selatan selama operasi penyelamatan berlangsung.

“Kami sangat berterima kasih kepada pasukan penyelamat Republik Korea dan semua rekan satu tim kami yang memungkinkan pemulihan pilot kami dengan cepat,” ujar Gaetke.

“Informasi tentang penyebab keadaan darurat dalam penerbangan tidak akan tersedia sampai kesimpulan dari penyelidikan keselamatan dan kecelakaan yang menyeluruh,” sambung dia.

Republik Korea yang disinggung oleh Gaetke adalah nama resmi dari Korea Selatan.

Adapun ini merupakan insiden kecelakaan ketiga yang melibatkan jet tempur F-16 buatan AS di Korea Selatan sejak Mei 2023. Sebelumnya, pada Desember lalu jet tempur F-16 jatuh saat menjalani latihan rutin lantaran mengalami ‘keadaan darurat dalam penerbangan’. Sang pilot, saat itu, juga berhasil mengevakuasi diri.

Sementara pada insiden pertama pada Mei 2023, jet tempur F-16 AS juga mengalami ‘keadaan darurat dalam penerbangan’ saat menjalani latihan rutin, sebelum jatuh di daerah pertanian Seoul. Pilot jet pun berhasil mengevakuasi diri. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03