24 April 2024 - 11:43 11:43

Jika Ada Pembelian Seragam Sekolah dalam PPDB, Itu Pungli

WartaPenaNews, Jakarta – Ombudsman mengingatkan agar diminta mewaspadai modus pungutan liar (pungli) dalam bentuk uang seragam sekolah yang dikaitkan dengan penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

“Kendati sejak beberapa tahun lalu telah ada perbaikan, bahwa tidak ada lagi pungutan untuk pendaftaran dan proses PPDB, tapi ada modus lain yang terjadi saat pendaftaran ulang. Orangtua diminta membeli baju atau buku di sekolah,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Ombudsman perwakilan Sumatera Barat Adel Wahidi, Rabu (26/6).

Orangtua akhirnya terpaksa membeli baju atau buku, karena baju dan buku disodorkan sekolah saat mendaftar ulang.

“Seolah, transaksi jual beli ini terpisah dari proses PPDB, padahal tidak,” katanya lagi.

Dijelaskannya, larangan pembelian seragam atau buku jelas diatur dalam pasal 33, Permendikbud 51/2018 tentang PPDB. Dalam pasal tersebut jelas menyatakan dengan tegas sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah dilarang melakukan pungutan untuk membeli seragam atau buku tertentu yang dikaitkan dengan PPDB.

“Modus lainnya, tiba-tiba saat PPDB, sekolah ada koperasi. Padahal sebelumnya tidak ada koperasi sekolah, jadi sejenis koperasi jadi-jadian,” katanya.

Praktik koperasi tersebut hanya topeng. Sementara pengadaan baju dikelola oleh oknum pejabat di sekolah.

“Bukan tak boleh, silakan dikelola tapi oleh koperasi, dan tidak boleh ada paksaan dan serahkan pada mekanisme pasar serta yang penting, tidak terkait dengan PPDB,” kata dia.

Ombudsman berharap Dinas Pendidikan memberikan perhatian serius soal ini, juga hendaknya menjadi perhatian bagi Satgas Saber Pungli yang ada di daerah-daerah. Dia juga meminta masyarakat melapor ke Ombudsman, jika mendapati hal demikian. (*/dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
24 April 2024 - 11:16
Alyssa Soebandono Lahirkan Anak Perempuan

WARTAPENANEWS.COM - Alyssa Soebandono baru saja melahirkan anak ketiganya yang berjenis kelamin perempuan. Kehadiran anak ketiganya jelas disambut bahagia oleh istri Dude Harlino beserta keluarganya. Diketahui anak ketiga Alyssa dan

01
|
24 April 2024 - 10:15
Perkosa Perempuan ODGJ, Pria di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

WARTAPENANEWS.COM - Seorang pria lansia nekat memperkosa perempuan pengidap gangguan jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di pinggir jalan. Pelaku berinisial MA (66) warga Gunung Agung, Kecamatan Tanjung Karang

02
|
24 April 2024 - 09:18
Jelang Penetapan Prabowo-Gibran Pemenang Pilpres di KPU, 4.266 Personel TNI-Polri Diterjunkan

WARTAPENANEWS.COM - KPU akan melaksanakan agenda penetapan pemenang untuk pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (24/4). Selain capres-cawapres terpilih, KPU mengundang berbagai

03