29 April 2024 - 09:24 9:24

Jika Usung Ganjar atau Puan di Capres 2024, Elektabilitas PDIP Dinilai Tak Akan Turun

wartapenanews.com – Hasil survei lembaga survei Indo Riset menunjukkan elektabilitas PDIP akan naik jika mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres. Sedangkan, jika mengusung Puan Maharani, elektabilitas PDIP menurun.

Terkait hal ini, Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan, siapa pun capres yang akan diusung PDIP tak akan membuat elektabilitas partai berlambang banteng itu turun.

Sebab, dengan bisa mengusung capres sendiri, PDIP sudah memiliki keuntungan besar.

“Kalau pun ada untung lebihnya karena faktor Ganjar lebih dikenal orang. Menurut saya masih spekulatif, jadi saya sih masih berpikiran kalau PDIP berhasil mengusung capres sendiri tentunya dapat coattail effect dong,” kata Adi, Jumat (20/5).

“Pasti PDIP dapat coattail effect karena dalam pelaksanaan pemilu kecenderungan pemilih akan memilih partai yang sama dengan capres terpilih,” lanjutnya.

Adi menuturkan pemilih Ganjar juga mayoritas adalah pemilih PDIP sehingga tak terlalu berpengaruh besar. Ia pun belum bisa menduga siapa capres yang dipilih PDIP apakah Ganjar atau Puan.

“Yang kedua yang paling, pemilih Ganjar itu pemilih PDIP. Jadi, Ganjar kalau mau jujur dipilih oleh orang PDIP. Berarti sulit membayangkan PDIP itu entah usung Ganjar atau Puan,” ucap Adi.

Lebih lanjut, ia berpandangan PDIP kemungkinan akan kembali memperoleh kemenangan di Pemilu 2024. Terlebih, PDIP bisa mengusung capres sendiri.

“PDIP bisa majuin capres sendiri sudah untung itu. Dan sangat mungkin hattrick,” tutupnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03