7 May 2024 - 02:28 2:28

Jokowi Akan Hadiri Pembukaan KTT ke-35 ASEAN di Bangkok

Jokowi Akan Hadiri Pembukaan KTT ke-35 ASEAN di Bangkok

WartaPenaNews, Jakarta – Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi dijadwalkan menghadiri upacara pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-35 ASEAN di Exhibition & Convention Center, Bangkok, Thailand pada Minggu (3/11/2019).

Pada hari kedua kunjungannya di Bangkok, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri KTT ke-22 ASEAN-China.

Seperti dilansir dari keterangan pers Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, di sela-sela acara ini Jokowi akan menggelar pertemuan bilateral dengan Direktur Pelaksana IMF. Selanjutnya, Kepala Negara akan menghadiri KTT ke-16 ASEAN-India.

Kemudian setelah santap siang bersama, Jokowi akan bertemu dengan PM India dan menghadiri KTT ke-10 ASEAN-PBB.

Pada malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menghadiri gala dinner bersama pemimpin negara anggota ASEAN lainnya di Impact Challenger, Bangkok, Thailand.

Bertemu Sekjen PBB

Sebelumnya, Jokowi sempat menggelar pertemuan bilateral dengan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Antonio Guterres di Pleno KTT ke-35 ASEAN, Bangkok, Thailand.

Jokowi menyampaikan pandangannya terkait situasi terkini di dua wilayah tersebut. Ia menyatakan, kesiapan Indonesia untuk turut berkontribusi bagi upaya penyelesaian masalah.

“Presiden menyampaikan observasinya terhadap dua isu tersebut. Sekali lagi, Indonesia secara aktif bersedia, more than ready, untuk berkontribusi dalam upaya penyelesaian dua masalah yang tidak mudah itu,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden dalam pertemuan bilateral.

Sekjen PBB menyampaikan apresiasinya kepada Presiden Jokowi atas kontribusi Indonesia dalam upaya penyelesaian masalah kemanusiaan di dua wilayah tersebut.

Meski situasi di Rakhine State dan Palestina belum stabil, Jokowi dan dan Gutterres punya pandangan yang sama. Keduanya meminta semua negara menjaga asa bagi penyelesaian krisis tersebut.

“Kita tidak boleh putus asa. Kita harus terus berusaha karena dua-duanya pada akhirnya menyangkut masalah kemanusiaan,” tutur Retno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (3/11/2019).

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03