10 May 2024 - 22:15 22:15

Jokowi Digugat karena Nepotisme, PDIP: Bukan Dugaan Lagi, Sudah Terjadi!

WARTAPENANEWS.COM Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan tidak akan memberi bantuan hukum kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait adanya gugatan soal nepotisme yang dilakukan selama pemerintahannya.

Hasto menyebut pihaknya dengan tegas membatasi diri dalam proses hukum yang dituntut oleh masyarakat. “Ya kami memisahkan ya antara proses hukum karena itu masyarakat sipil yang bergerak,” kata Hasto saat ditemui di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Pusat, Senin (15/1/2024).

Hasto menilai gugatan tersebut sejatinya tidak menyalahi aturan maupun kenyataan yang ada. Ia mewajarkan adanya tindakan hukum tersebut karena publik pun juga dapat melihatnya sendiri.

“Kalau nepotisme bukan dugaan lagi tapi sudah terjadi,” tutur Hasto, menekankan.

Oleh karenanya, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini menilai tuntutan kepada pemimpin Indonesia saat ini merupakan wujud dari semangat Reformasi. Ia pun meyakini tindakan tersebut berlandaskan pada keinginan untuk bangkit di era neo Orde Baru.

“Jadi ini menurut saya masih sebagai suatu instrumen kritik melalui hukum, dan ketika itu kemudian dipahami, masih ada waktu untuk melakukan koreksi,” jelasnya.

Sebelumnya, Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) dan Pergerakan Advokat (Perekat) Nusantara melakukakn gugatan terhadap Presiden Joko Widodo beserta keluarganya atas dugaan nepotisme. Tuntutan yang ditujukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta, Jumat (12/1/2024) itu sudah dilayangkan dengan klasifikasi perkara Perbuatan Melawan Hukum (PMH) teregister di Kepaniteraan PTUN Jakarta dengan nomor 11/G/TF/2024/PTUN.JKT. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
10 May 2024 - 12:34
Di Pilgub Jatim, Khofifah Ingin Berpasangan Lagi dengan Emil Dardak

WARTAPENANEWS.COM – PAN menyatakan kesiapannya mendukung penuh Khofifah Indar Parawansa untuk kembali maju di Pilgub Jatim 2024. Khofifah ingin kembali maju Pilgub Jatim berpasangan dengan wakilnya, Emil Elestianto Dardak atau Emil

01
|
10 May 2024 - 11:13
Polisi Selidiki Terkait Wanita di Kebayoran Baru Jadi Korban Begal Payudara

WARTAPENANEWS.COM –  Aksi begal payudara terjadi di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa (7/5) malam. Peristiwa itu terekam CCTV dan viral di sosial media. Dalam video yang beredar, terlihat

02
|
10 May 2024 - 10:51
Pedangdut Senior Jhonny Iskandar Tutup Usia

WARTAPENANEWS.COM – Pedangdut senior Jhonny Iskandar meninggal dunia di usia 63 tahun, pada Jumat (10/5/2024). Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Dewi, salah satu keponakan sang pedangdut. "Iya, Jhonny Iskandar sudah

03