29 March 2024 - 14:12 14:12

Jokowi Diminta Telepon Macron Agar Minta Maaf

WartaPenaNews, Jakarta – Guru Besar Hukum Internasional Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Hikmahanto Juwana, menilai Presiden Jokowi sudah merefleksikan aspirasi penduduk Indonesia yang mayoritas muslim terhadap tindakan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang menyinggung umat Islam.

“Presiden ingin dibedakan antara Islam dan terorisme. Itu sangat penting sehingga masyarakat dunia tidak menyamakan Islam dengan teror,” kata Hikmahanto pada Minggu, 1 November 2020.

Meski demikian, lanjut Hikmahanto, Jokowi juga menyingung soal tindakan-tindakan yang tidak manusiawi, antar orang per orang di Nice, yang sangat keji. Menurutnya, itu adalah tragedi kemanusiaan.

“Saya mengusulkan, Presiden Jokowi yang memiliki kedekatan dengan Presiden Prancis, menelepon Macron menarik statement, meminta maaf, dan kembali lagi ke kehidupan normal,” ujarnya.

Hikmahanto mengungkapkan saat ini hal-hal yang berbau Prancis dianggap musuh. Untuk menghentikannya, dia menyarankan Jokowi berbicara dengan Macron secara personal.

“Bisa menerima (Macron) karena paling tidak ada ikhtiar lebih, menyampaikan ke sahabatnya,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa Pemerintah Indonesia mengecam keras Presiden Perancis, Emmanuel Macron, atas kontroversi yang ditimbulkannya baru-baru ini.

Hal itu seiring kecaman yang juga dilayangkan Presiden Jokowi, atas tindakan kekerasan yang terjadi di Kota Nice, Paris, yang telah menimbulkan korban jiwa.

“Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Perancis yang menghina agama Islam, yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia,” kata Jokowi dalam konferensi persnya yang disiarkan di akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu, 31 Oktober 2020. (mus)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03