20 April 2024 - 07:36 7:36

Jokowi Ungkap Alasan Indonesia Tak Lockdown saat COVID-19

wartapenanews.com – Banyak negara menerapkan kebijakan lockdown saat pandemi COVID-19 menyerang. Tapi tidak dengan Indonesia. Presiden Jokowi membuka alasannya.

“Pada saat memutuskan lockdown atau enggak lockdown, rapat menteri 80 persen ‘Pak, lockdown’ karena semua negara melakukan itu,” kata Jokowi dalam sambutan Rakornas Transisi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Gedung AA Maramis, Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (26/1).

Acara ini dihadiri sejumlah pejabat negara seperti Menkeu Sri Mulyani, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendagri Tito Karnavian, Menkopolhukam Mahfud MD, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, dan Pj DKI Heru Budi Hartono.

Jokowi menjelaskan, tekanan juga datang dari DPR hingga partai agar memberlakukan lockdown.

“Tekanan-tekanan seperti itu pada saat mengalami krisis dan kita tidak jernih, tergesa-gesa, bisa salah, bisa keliru. Coba saat itu misalnya kita putuskan lockdown, hitungan saya dalam dua atau tiga minggu rakyat sudah enggak bisa, enggak memiliki peluang untuk mencari nafkah, semua ditutup,” beber Jokowi.

Ketika rakyat kesulitan dan negara tidak bisa memberikan bantuan, yang akan terjadi sulit dibayangkan.

“Rakyat pasti rusuh. Itu yang kita hitung sehingga kita putuskan saat itu tidak lockdown,” kata Jokowi.

Saya semedi 3 hari untuk memutuskan apakah kita harus lockdown atau tidak karena memang betul-betul sangat tidak memiliki pengalaman semuanya mengenai ini,” urai Jokowi. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03