19 April 2024 - 06:43 6:43

Jumlah Pasien COVID-19 di Malang Melonjak

WartaPenaNews, Malang – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali dianggap memble alias belum efektif menurunkan penularan COVID-19 di Malang Raya. Selama periode 17-20 Januari 2021 jumlah pasien positif di Kota Malang melonjak 202 orang.

Rumah sakit utama sekaligus rujukan di Kota Malang, RS Umum Daerah dr Saiful Anwar, sampai-sampai harus menambah kasur perawatan untuk pasien COVID-19 setelah jumlah pasien terus bertambah setiap hari.

Direktur RS dr Saiful Anwar, dr. Kohar Hari Santoso, mengakui bahwa penambahan kasus membuat mereka menambah jumlah bed alias kasur untuk pasien COVID-19. Awalnya 136 bed kini menjadi 200 bed.

“Saat ini telah terisi 90 persen dari 200 bed. Kita berharap masyarakat tidak ke mana-mana. PPKM adalah upaya preventif dalam pencegahan penularan. Tolong tertib protokol kesehatan,” kata Kohar pada Jumat, 22 Januari 2020.

Kohar mengatakan, pasien yang dirawat di RSSA tidak hanya warga Kota Malang tapi tersebar hampir seluruh wilayah Jawa Timur, termasuk Surabaya. Penambahan kasus tidak cukup dengan penambahan bed untuk pelayanan, namun harus dengan pencegahan secara individual.

Dia mengingatkan, menghadapi pandemi COVID-19 tidak cukup hanya dengan menambah kasur perawatan di rumah sakit. Rumah sakit akan tetap merawat pasien yang sakit. Tetapi, lebih penting daripada itu ialah masyarakat mesti disiplin menjaga kesehatan agar tidak tertular sehingga sakit.

Penambahan kasur di RS Saiful Anwar akan terus dilakukan meski sudah berkapasitas 200 bed. Di sana mereka melayani pasien gejala sedang hingga berat. Sedangkan untuk relaksasi atau pengurangan beban layanan pasien tanpa gejala atau ringan akan dirujuk ke Rumah Sakit Lapangan Ijen Boulevard dengan kapasitas 255 bed.

RS Saiful Anwar juga menambah jumlah tenaga medis untuk memaksimalkan penanganan COVID-19. Relawan tenaga medis sebanyak 46 orang itu meliputi dokter, perawat, dan operator radiografer. Mereka berharap masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan mulai dari menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker, juga menjaga imunitas tubuh. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03