25 April 2024 - 11:54 11:54

Jus Seledri Ampuh Tangkal Virus, Ini Cara Bikinnya

WartaPenaNews, Jakarta – Virus corona COVID-19 saat ini tengah meresahkan masyarakat dunia dengan kian bertambahnya angka kasus yang positif terinfeksi. Tak sedikit yang mencari cara untuk mencegah penularannya dengan memperkuat imunitas tubuh menggunakan tanaman berkhasiat baik bagi tubuh, termasuk seledri.

Daun seledri umumnya digunakan oleh ibu rumah tangga sebagai penambah citarasa makanan seperti untuk sayur sop, kuah bakso, atau kuah tekwan. Namun, belakangan orang banyak mengonsumsi seledri dengan dijus lantaran disebut bahwa asupan minuman itu dapat menghindarkan dari bakteri dan virus.

Di dalam daun seledri terdapat kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu, tubuh bisa lebih efektif dalam mencegah penularan virus dan kuman yang rentan menyebarluas di lingkungan.

“Karena daun seledri mengandung banyak vitamin dan antioksidan untuk jaga kesehatan sel di tubuh jadi imunitas tentunya baik. Tapi, harus diimbangi dengan makanan lain agar nutrisi di tubuh cukup dan seimbang,” ujar spesialis farmakologi klinis, dr. Lonah, SpFK.

Baca Juga: Usai ke Ombusdman, Ahli Waris The Tjin Kok Laporkan Bank DKI ke TGUPP

Adapun kandungan antioksidan di dalam seledri juga mampu menangkal radikal bebas yang kerap ditemui seperti berasal dari polusi udara, bahan kimia dari riasan wajah, serta pola makan yang kurang baik. Dengan begitu, sel-sel di tubuh bisa tetap sehat, bahkan awet muda.

“Seledri kaya serat, air, dan senyawa lainnya yang kalau dikonsumsi secara rutin, pengolahan benar dan tidak berlebihan, maka bisa mencegah kerusakan sel tubuh,” paparnya

Ia menegaskan, asupan yang tidak berlebihan yakni berkisar antara 100 hingga 200 gram. Selain itu, pengolahannya juga sebaiknya tetap dikonsumsi mentah dan tidak terkena suhu panas untuk menjaga kandungan vitamin di dalamnya seperti dijus atau dimakan mentah. Serta penambahan pemanis buatan sebaiknya dihindari dan untuk membuat rasa lebih nikmat, lebih baik jus seledri dicampur dengan madu, lemon, atau apel.

“Kalau seledri impor maksimal 200 gram atau 5-6 batang seledri lokal. Harus pakai air dingin jika dijus karena kalau air hangat malah zat aktifnya rusak terutama vitamin c menguap,” paparnya. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 09:15
Pagi Ini, Gunung Semeru Erupsi

WARTAPENANEWS.COM - Gunung Semeru erupsi pada Kamis (25/4) pagi. Tepatnya pukul 06.35 WIB. "Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Kamis, 25 April 2024, pukul 06:35 WIB. Tinggi kolom letusan teramati

01
|
25 April 2024 - 08:31
Dibantu Joe Biden, Rp276 Triliun akan Dikirim ke Israel

WARTAPENANEWS.COM - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memastikan akan segera mengirimkan paket bantuan luar negeri sebesar USD17 miliar (Rp276 triliun) untuk Israel, serta USD9 miliar (Rp146 triliun) untuk warga

02
|
25 April 2024 - 08:12
Mobil Rubicon Rafael Alun Dilelang Rp809 Juta

WARTAPENANEWS.COM - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melelang mobil Jeep Rubicon hasil sitaan dari Mario Dendi Satrio, anak mantan pejabat pajak Rafael Alun. Berdasarkan informasi di akun Instagram

03