29 March 2024 - 09:06 9:06

Kabar Gembira, Tingkat Hunian RSD COVID-19 Wisma Atlet 47,58 Persen

WartaPenaNews, Jakarta – Komandan Lapangan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Letnan Kolonel (Letkol) Laut (K) drg M Arifin menyatakan, terjadi penurunan cukup drastis kasus COVID-19 di fasilitas kesehatan ini selama dua pekan terakhir.

“Setelah libur Natal dan Tahun Baru, saat itu tingkat hunian memang hampir 90 persen. Tetapi kemudian dari Februari 2021 hingga sampai hari ini persentase hunian sudah 47,58 persen,” kata Arifin, di Jakarta, Senin.

Penurunan angka hunian di fasilitas kesehatan darurat tersebut merupakan kabar menggembirakan bagi masyarakat di Tanah Air, dan diharapkan penyebaran COVID-19 bisa terus ditekan.

Ia menyakini penurunan kasus COVID-19 di Tanah Air tidak terlepas dari program yang diterapkan pemerintah terutama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro di sejumlah provinsi. Jika kebijakan itu dapat diterapkan dengan baik di seluruh wilayah, maka diyakini bisa mengendalikan pandemi COVID-19.

Pada satu sisi, Letkol Arifin mengakui pada awal-awal RSDC Wisma Atlet difungsikan sebagai fasilitas kesehatan terjadi dinamika naik turun pasien COVID-19. Hal itu tercermin dua minggu setelah Hari Raya Idul Fitri dengan lonjakan kasus.

Selain itu, lonjakan kasus juga mengalami peningkatan dua pekan setelah libur panjang. Namun, ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diperketat angkanya mengalami penurunan. Penurunan tersebut berlanjut seiring dengan adanya kebijakan PPKM skala mikro di 10 provinsi.

“Jadi dinamika itu tergantung mobilitas masyarakat,” katanya pula.

Secara umum salah satu upaya pencegahan yang efektif dalam memutus mata rantai penularan COVID-19 ialah membatasi mobilitas masyarakat. Pada saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, kasus COVID-19 di Tanah Air cukup mengkhawatirkan.

Bahkan, angka hunian diketahui hampir mencapai 90 persen, dan pemangku kepentingan terpaksa menggunakan Tower 8 dan 9 RSDC untuk menampung jumlah pasien yang membludak.

Namun, saat ini Tower 8, 9, dan 10 RSDC Wisma Atlet sudah difungsikan untuk pasien terkonfirmasi dengan gejala ringan maupun tanpa gejala. (wsa)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 08:35
Polisi Bakal Periksa Bos yang Izinkan Sopir Truk di Bawah Umur hingga Celaka di Halim

WARTAPENANEWS.COM - Polda Metro Jaya mengaku akan mendalami sosok bos yang memperkerjakan MI (17), sopir truk yang terlibat dalam kecelakaan beruntun di gerbang Tol Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Kabid Humas

01
|
29 March 2024 - 08:13
Lurah di DIY Ingin Lurah 2 Periode Bisa Maju Lagi

WARTAPENANEWS.COM - Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Nayantaka, menyambut baik pengesahan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, di mana ada perubahan masa jabatan lurah dari

02
|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

03