26 April 2024 - 14:46 14:46

Kabar Terbaru dari Nokia Sepanjang Kuartal II 2020

WartaPenaNews, Jakarta – Negara-negara di seluruh dunia bersiap untuk kembali membuka akses negaranya secara bertahap, puncak lalu lintas network telah kembali normal di 25-30% dari level sebelum pandemik. Analitik Nokia Deepfield telah menunjukkan peningkatan 40-50% pada serangan DDoS (Distributed Denial of Service), menunjukkan bahwa operator perlu mendeteksi dan mengatasinya menggunakan proteksi dan solusi keamanan jaringan 360 derajat.

Lebih jauh, data menunjukkan bahwa, sejak penerapan lockdown, telah terjadi:
• Peningkatan 30-60% pada trafik jaringan tetap pita lebar
• Peningkatan 50-130% pada trafik jaringan tetap suara
• Peningkatan 70-80% pada panggilan WiFi

Nokia Raih Kecepatan 5G Tercepat di Dunia
Nokia meraih kecepatan 5G tercepat di dunia dalam jaringan Over-the-Air (OTA) miliknya di Dallas, Texas. Memanfaatkan spektrum 5G 800 MHz dari gelombang milimeter komersial dan fungsi dual connectivity (EN-DC), Nokia meraih kecepatan 5G hingga 4.7 Gbps pada uji coba di perangkat base station yang telah terpasang di sebagian besar jaringan komersial milik operator-operator di Amerika Serikat. Ini menandakan milestone penting bagi layanan 5G, karena uji coba tersebut menunjukkan bahwa solusi 5G ini tidak hanya menyediakan kecepatan mobile broadband yang tak tertandingi bagi pengguna, tetapi juga memungkinkan operator menawarkan berbagai layanan latency-sensitive bagi perusahaan, seperti layanan network slicing untuk aplikasi tertentu.

Nokia Terlibat dalam Koalisi Kebijakan Open RAN
Nokia memperkuat komitmennya untuk mengembangkan pengembangan teknologi radio seluler yang aman di masa depan dengan ikut serta dalam Koalisi Open RAN. Bersama pelanggan dan pemangku kepentingan industri lainnya, Nokia akan membantu membentuk pilihan-pilihan kebijakan yang akan memberikan dampak bagaimana jaringan wireless dibangun, termasuk mendukung penelitian dan pengembangan open networks.

Nokia dipilih oleh TOYOTA Production Engineering Corporation (TPEC) untuk 5G Private Wireless Network
Nokia telah dipilih oleh TPEC untuk menggelar jaringan private wireless tingkat industri di pusat perancangan proses manufaktur di Fukuoka, jepang. Jaringan 5G akan membantu proses manufaktur untuk mengembangkan lingkungan operasi yang lebih otomatis, menciptakan suatu pabrik masa depan – dimana teknologi informasi (TI) dan teknologi operasi (TO) terpadu menjadi satu.

Nokia Umumkan Beberapa Perolehan Baru Wilayah Asia Pasifik dan Jepang di Indonesia, Japan, dan Australia
Nokia telah menerapkan teknologi 3G-4G dynamic spectrum sharing (DSS) di jaringan Hutchison 3 Indonesia (H3I) untuk meningkatkan kapasitas 4G secara dinamis ketika pemakaian 3G cenderung menurun. H3I berhasil dalam uji coba tersebut dengan cara upgrade software DSS perangkat Nokia di Makassar, Sulawesi Selatan, untuk selanjutnya melakukan implementasi secara nasional. Uji coba ini berhasil meningkatkan bandwidth 4G sebesar 1.8 MHz dan menghasilkan 18% spektrum tambahan bagi pelanggan 4G tanpa mempengaruhi layanan 3G.

Di Jepang, Nokia dan KDDI bekerja sama melaksanakan pembuktian konsep tentang Cloud RAN yang tervirtualisasi sepenuhnya untuk mendukung diversifikasi kebutuhan performa jaringan di era 5G. Inisiatif bersama ini akan memanfaatkan solusi BTS AirScale All-in-Cloud Nokia untuk memungkinkan KDDI meneliti seberapa fleksibel, teknologi jaringan radio yang tervisualisasi dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan latensi ekstrem dan menilai performa jaringan untuk memenuhi permintaan baru.

Sementara itu, Nokia dan Vodafone Hutchison Australia (VHA) menggelar spektrum pita-rendah pertama 5G NR700MhZ di wilayah Asia pasifik. Ketika aktif nanti, spektrum baru ini akan mampu meningkatkan cakupan jaringan 5G operator seluler Australia, meningkatkan pengalaman cakupan dalam ruangan, dan memberikan konektivitas 5G berkecepatan tinggi kepada pelanggan di area-area terpilih dengan cakupan yang ada. Inisiatif ini memanfaatkan solusi AirScale milik Nokia dan Layanan Nokia Global yang akan berperan penting dalam menyediakan perencanaan proyek, instalasi, dan layanan optimalisasi jaringan.

Riset Nokia Ungkap Pendorong Terbesar Penggunaan 5G untuk TI dan TO, dan Menyoroti Peluang FWA bagi Operator Seluler
Riset yang dilaksanakan oleh Nokia dan Parks Associates menunjukkan 65 persen dari pengambil keputusan Teknologi Informasi (TI) perusahaan memiliki pengetahuan tentang 5G, 34 persen telah menggunakan 5G dan 47 persen pengambil keputusan IT dari berbagai sektor seperti energi, manufaktur, pemerintahan/keamanan publik, dan otomotif/transportasi – berencana menggunakan 5G. Perusahaan energi dan manufaktur menunjukkan pengetahuan tertinggi mengenai 5G dan sedang mengeksplor potensi penggunaannya untuk perawatan infrastruktur, pengendalian mesin jarak jauh, dan cloud robotics.

Studi kedua oleh Nokia menunjukkan bahwa Fixed Wireless Access (FWA) 5G sebagai use case 5G yang paling diminati pelanggan secara global. Dari 3,000 orang, 66 persen diantaranya menyatakan akan menggunakan FWA 5G jika harganya sama dengan layanan broadband yang digunakan saat ini. Sebanyak 90 persen menilai bahwa FWA 5G berkualitas tinggi, siaran video yang lancar sebagai aspek yang paling berpengaruh dari 5G, sementara satu per tiga pelanggan menyatakan bahwa pengalaman Augmented Reality (AR) untuk remote commerce merupakan hal yang menarik. Riset ini mengkonfirmasi bahwa terdapat peluang yang besar bagi operator seluler untuk berkompetisi dengan penyedia layanan broadband dengan menawarkan FWA ke rumah-rumah dan bisnis-bisnis. (cim)

 

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
26 April 2024 - 12:10
Usai Dicekoki Ekstasi & Sabu, Remaja di Hotel Senopati Meregang Nyawa

WARTAPENANEWS.COM – Polisi menyebut remaja berusia 16 tahun yang tewas di salah satu hotel kawasan Senopati, Jakarta Selatan, sempat dicekoki beberapa jenis narkoba. "Baik korban yang meninggal atau pun hidup,

01
|
26 April 2024 - 11:12
Imbas Kebrutalan Israel, Begini Suasana Kota Hantu di Palestina

WARTAPENANEWS.COM – Belum ada tanda tanda kapan Israel akan menghentikan kekejaman yang mereka lakukan di tanah Palestina. Mereka tidak saja menghilangkan puluhan ribu nyawa, menghancurkan gedung, membatasi ibadah umat Islam

02
|
26 April 2024 - 10:13
Warga Kalimantan Enggan Jual Tanahnya untuk Pembangunan IKN

WARTAPENANEWS.COM –  Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan salah satu tantangan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) adalah masalah tanah. Sebab masih ada sebagian warga Kaimantan yang

03