29 March 2024 - 17:41 17:41

Kaktus Ini Dibanderol Seharga Motor

WartaPenaNews, Jakarta – Merawat tanaman hias saat ini sedang digemari oleh masyarakat sebagai hobi baru di era pandemi COVID-19. Tak heran, harga beberapa jenis tanaman hias melambung tinggi, termasuk kaktus yang seharga motor!

Salah satu YouTuber, Ivan Olianto, tengah menunjukkan beberapa jenis kaktus kelas dewa di daerah Surabaya. Kaktus tersebut dijual oleh pria yang dipanggil dengan sebutan Om Andre.

Saat memulai vlog di kanal YouTube miliknya, Ivan menunjukkan rumah dengan pagar putih. Masuk melewati pagar, langsung terlihat halaman yang penuh dengan pot berisi tanaman kaktus.

Jenis kaktus pertama yang ditunjukkan bernama Gymnacalycium mihanovichii yang dipanggil singkat Miha. Bentuknya mungil dengan sedikit bulat layaknya banyak kubah kecil yang menyatu. Warnanya yang cukup bervariasi menarik perhatian.

“Belajar tentang miha dulu. Bentuknya warna warni,” kata Ivan.

Ia pun bertanya harga paling murah dari jenis tanaman itu. Nyatanya, kaktus sultan ini dijual setara dengan gadget.

“Paling murah Rp2,5jt. Karena bentuknya hanya separuhnya,” kata Ivan lagi.

Ivan menyebut bahwa yang membuat kaktus mahal terletak pada varigatanya, yakni bentuk kombinasi dari persemaian biji. Menurut Om Andre, semaian biji itu bisa berhasil menjadi varigata memiliki peluang sangat kecil dengan perbandingan 1:100.

“Makanya harganya mahal,” ujar Ivan.

Ada pula jenis kaktus lophophora dengan bentuk bulat melebar dan bulu lebat di atas bagian tengah. Bulu itu sebenarnya bagian dari daun, dimana proses membentuknya butuh waktu lama dan bentuknya langka.

“Varigata itu merupakan bentuk tulang kaktusnya, dan bentuknya twister, (harganya) Rp20 juta,” kata Ivan menjelaskan usai bertanya pada Om Andre.

Sementara, bentuk varigata lophophora yang masih kecil dan tidak berbentuk twister, harganya cukup jauh. Kisaran harganya yaitu Rp 1-3 juta. Wah wah, tetap mesti merogoh kocek dalam, ya!

Untuk jenis LB Hybrid Varigata, bervariasi sekitar Rp3 juta-Rp10juta. Membutuhkan waktu dua tahun untuk membesarkan jenis kaktus tersebut. Sementara, jenis populer lain seperti epithelantha dan mammilaria dengan kisaran Rp13,5jt.

“Misalnya saya jahil, anggap saya petik nih, sepetiknya berapa?” tanya Ivan.

“Sepetik bisa berharga Rp100rb. Sepetik saja bisa numbuh,” jawab sang pemilik.

Jenis kaktus populer lainnya dengan bentuk kecil juga ada dengan harga mulai dari Rp100 ribu. Meski proses tumbuhnya cukup lama, namun merawat kaktus nyatanya tak sulit.

“Seminggu dua kali disiram yang kecil. Kalau yang besar dua minggu sekali,” kata dia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03