20 April 2024 - 07:25 7:25

Kapal Pelni Selamatkan KM. Simba I di Perairan Lirung

WartaPenaNews, Jakarta – KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 51, kapal negara yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)-Pelni berhasil menyelamatkan KM. Simba I yang mengalami kerusakan dan terombang ambing di laut serta meminta pertolongan di perairan Lirung, Melangone Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Jumat (28/12) petang.

Kepala Designated Person Ashor (DPA) PT Pelni Capt. Yanto Duriyanto yang mengkomando penyelamatan mengatakan dalam pertimbangan Nautis Teknis dan cuaca mendukung, serta mempertimbangkan keselamatan penumpang kapal dan crew, kapal Pelni dapat memberikan pertolongan kepada kapal lain yang memerlukan pertolongan.

Atas pertimbangan kondisi tersebut, DPA memberikan ijin kepada Nakhoda KM. Sanus 51 Capt. Robinson Pakpahan untuk melakukan manouvering untuk membantu penyelamatan KM. Simba I yang sedang membutuhkan pertolongan.

Dengan berkoordinasi dengan KUPP Lirung Stanly Kennedy serta Kasub Pelni Tahuna Jimmy Moningka dan Kacab PT. Pelni Bitung Ending Wahyudin lanjut Yanto, kapal Pelni Sanus 51 di posisi terdekat memberikan pertolongan kepada kapal yang mengalami kerusakan. “Kapal terdekat berkewajiban memberikan pertolongan, namun dengan mengedepankan keselamatan kapal dan para penumpang kapal yang akan menolong terlebih dahulu,” kata Capt. Yanto.

KM. Sanus 51 yang sedang sandar embarkasi, naik penumpang untuk melayani trayeknya di Lirung, atas pertimbangan kemanusiaan dipergunakan untuk membantu menyelamatkan KM. Simba I yang terombangambing 7 mile dari Pelabuhan Lirung.

KM. Sanus 51 atas komando ketua DPA bergerak menuju KM. Simba I dan berhasil menarik kapal ke Pelabuhan Lirung, “Alhamdulillah, KM. Simba I berhasil diselamatkan, kapal sudah berhasil sandar di Lirung pukul 05.00 WITA,” ucap Capt Yanto.

Saat ini, lanjut Capt Yanto Duriyanto, KM. Sanus 51 sementara ngapung untuk persiapan menuju dermaga. “Jadi, intinya KM. Sanus 51 sudah berhasil mentowing, menolong KM Simba I sampai sandar di dermaga Lirung,” tegas Capt Yanto. (isu/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03