2 Februari 2023 - 17:37 17:37
728x90

Kapal Pelni Selamatkan KM. Simba I di Perairan Lirung

WartaPenaNews, Jakarta – KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 51, kapal negara yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)-Pelni berhasil menyelamatkan KM. Simba I yang mengalami kerusakan dan terombang ambing di laut serta meminta pertolongan di perairan Lirung, Melangone Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Jumat (28/12) petang.

Kepala Designated Person Ashor (DPA) PT Pelni Capt. Yanto Duriyanto yang mengkomando penyelamatan mengatakan dalam pertimbangan Nautis Teknis dan cuaca mendukung, serta mempertimbangkan keselamatan penumpang kapal dan crew, kapal Pelni dapat memberikan pertolongan kepada kapal lain yang memerlukan pertolongan.

Atas pertimbangan kondisi tersebut, DPA memberikan ijin kepada Nakhoda KM. Sanus 51 Capt. Robinson Pakpahan untuk melakukan manouvering untuk membantu penyelamatan KM. Simba I yang sedang membutuhkan pertolongan.

Dengan berkoordinasi dengan KUPP Lirung Stanly Kennedy serta Kasub Pelni Tahuna Jimmy Moningka dan Kacab PT. Pelni Bitung Ending Wahyudin lanjut Yanto, kapal Pelni Sanus 51 di posisi terdekat memberikan pertolongan kepada kapal yang mengalami kerusakan. “Kapal terdekat berkewajiban memberikan pertolongan, namun dengan mengedepankan keselamatan kapal dan para penumpang kapal yang akan menolong terlebih dahulu,” kata Capt. Yanto.

KM. Sanus 51 yang sedang sandar embarkasi, naik penumpang untuk melayani trayeknya di Lirung, atas pertimbangan kemanusiaan dipergunakan untuk membantu menyelamatkan KM. Simba I yang terombangambing 7 mile dari Pelabuhan Lirung.

KM. Sanus 51 atas komando ketua DPA bergerak menuju KM. Simba I dan berhasil menarik kapal ke Pelabuhan Lirung, “Alhamdulillah, KM. Simba I berhasil diselamatkan, kapal sudah berhasil sandar di Lirung pukul 05.00 WITA,” ucap Capt Yanto.

Saat ini, lanjut Capt Yanto Duriyanto, KM. Sanus 51 sementara ngapung untuk persiapan menuju dermaga. “Jadi, intinya KM. Sanus 51 sudah berhasil mentowing, menolong KM Simba I sampai sandar di dermaga Lirung,” tegas Capt Yanto. (isu/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
sidang ferdy sambo
Hari Ini, Enam Eks Anak Buah Sambo Jalani Sidang Tuntutan
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
2 Februari 2023 - 12:03
Rekonstruksi Ulang Kecelakaan Mahasiswa UI Dijaga Ketat Polisi

wartapenanews.com - Puluhan polisi tampak berbaris, menjaga ketat tempat kejadian perkara (TKP) rekonstruksi ulang kecelakaan Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) Muhammad Hasya Attalah Syaputra di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Puluhan polisi

01
|
2 Februari 2023 - 11:08
Nunung Divonis Idap Kanker Payudara

wartapenanews.com -  Kabar kurang menyenangkan datang dari pelawak Nunung Srimulat. Belum lama ini, ia divonis dokter mengidap penyakit kanker payudara. Awalnya, Nunung merasakan ada benjolan di sekitar payudaranya. Namun, ia

02
|
2 Februari 2023 - 10:06
Hari Ini, Polda Metro Gelar Rekonstruksi Ulang Kasus Kecelakaan Mahasiswa UI

wartapenanews.com - Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi ulang kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI, Muhammad Hasya Atallah (18), di Jalan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, hari ini, Kamis (2/2). Polisi

03