25 May 2024 - 20:42 20:42

Kapal Pelni Selamatkan KM. Simba I di Perairan Lirung

WartaPenaNews, Jakarta – KM. Sabuk Nusantara (Sanus) 51, kapal negara yang dioperasikan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)-Pelni berhasil menyelamatkan KM. Simba I yang mengalami kerusakan dan terombang ambing di laut serta meminta pertolongan di perairan Lirung, Melangone Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Jumat (28/12) petang.

Kepala Designated Person Ashor (DPA) PT Pelni Capt. Yanto Duriyanto yang mengkomando penyelamatan mengatakan dalam pertimbangan Nautis Teknis dan cuaca mendukung, serta mempertimbangkan keselamatan penumpang kapal dan crew, kapal Pelni dapat memberikan pertolongan kepada kapal lain yang memerlukan pertolongan.

Atas pertimbangan kondisi tersebut, DPA memberikan ijin kepada Nakhoda KM. Sanus 51 Capt. Robinson Pakpahan untuk melakukan manouvering untuk membantu penyelamatan KM. Simba I yang sedang membutuhkan pertolongan.

Dengan berkoordinasi dengan KUPP Lirung Stanly Kennedy serta Kasub Pelni Tahuna Jimmy Moningka dan Kacab PT. Pelni Bitung Ending Wahyudin lanjut Yanto, kapal Pelni Sanus 51 di posisi terdekat memberikan pertolongan kepada kapal yang mengalami kerusakan. “Kapal terdekat berkewajiban memberikan pertolongan, namun dengan mengedepankan keselamatan kapal dan para penumpang kapal yang akan menolong terlebih dahulu,” kata Capt. Yanto.

KM. Sanus 51 yang sedang sandar embarkasi, naik penumpang untuk melayani trayeknya di Lirung, atas pertimbangan kemanusiaan dipergunakan untuk membantu menyelamatkan KM. Simba I yang terombangambing 7 mile dari Pelabuhan Lirung.

KM. Sanus 51 atas komando ketua DPA bergerak menuju KM. Simba I dan berhasil menarik kapal ke Pelabuhan Lirung, “Alhamdulillah, KM. Simba I berhasil diselamatkan, kapal sudah berhasil sandar di Lirung pukul 05.00 WITA,” ucap Capt Yanto.

Saat ini, lanjut Capt Yanto Duriyanto, KM. Sanus 51 sementara ngapung untuk persiapan menuju dermaga. “Jadi, intinya KM. Sanus 51 sudah berhasil mentowing, menolong KM Simba I sampai sandar di dermaga Lirung,” tegas Capt Yanto. (isu/rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 May 2024 - 12:41
Terjadi Lagi, Bus Rombongan Study Tour Alami Kecelakaan di Sumsel

WARTAPENANEWS.COM – Kecelakaan bus rombongan study tour kembali terjadi, kali ini dialami oleh bus membawa rombongan study tour Sekolah Dasar (SD) yang diduga dari Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur, Sumatera

01
|
25 May 2024 - 11:38
Di Wilayah Ini, Kendaraan Tanpa Pelat Nomor Makin Marak

WARTAPENANEWS.COM –  Kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil tanpa pelat nomor (TNKB) kembali marak di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut). Ironisnya, para pengemudi kendaraan ini rata-rata mengemudi secara ugal-ugalan

02
|
25 May 2024 - 10:39
Makin Meluas, Ada 47 RT di Jakarta yang Terendam Banjir

WARTAPENANEWS.COM – Hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya mulai Jumat (24/5), menimbulkan genangan dan banjir di sejumlah wilayah, Sabtu (25/5). BPBD DKI melaporkan, banjir siang ini meluas hingga ke

03