29 March 2024 - 14:59 14:59

Kapan Ibu Hamil Perlu USG di Rumah Sakit?

WartaPenaNews, Jakarta – Di tengah pandemi COVID-19, banyak orang yang enggan untuk memeriksakan diri ke rumah sakit meski mengalami beberapa gejala yang membuat tubuh kurang nyaman. Padahal, Anda perlu memahami kapan waktunya untuk segera memeriksakan kondisi tubuh, termasuk untuk memeriksa kehamilan menggunakan ultrasonography atau USG.

USG merupakan salah satu cara yang digunakan tim medis untuk melihat kondisi janin. Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah – Pondok Indah, Muhammad Fadli, pemeriksaan kehamilan dengan cara USG sebaiknya dilakukan mulai awal kehamilan.

“USG dilakukan di trimester satu untuk menentukan lokasi kehamilan, berapa banyak kehamilan dan usia kehamilan. USG tidak hanya di trimester ketiga, untuk melihat wajah dan jenis kelamin janin,” ujarnya dalam live webinar “Keluhan pada Masa Kehamilan dan Penanganannya”, baru-baru ini.

Dokter Fadli menekankan, rutin memeriksa diri dan janin sejak trimester awal, dapat mendeteksi masalah kehamilan yang mengintai. Beberapa keluhan yang cenderung dialami oleh ibu hamil seperti pusing dan pegal di beberapa area.

Adapun masalah kehamilan yang tak bisa ditunda untuk segera diperiksa ke dokter termasuk nyeri hebat. Selain itu, jika ibu hamil alami perdarahan yang tak wajar seperti volume berlebih dan disertai keram, maka perlu segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

“Pendarahan kalau volume banyak, (berlangsung) lama dipastikan dengan USG, jangan-jangan hamil anggur atau pendarahan disertai butiran seperti anggur, bisa juga karena keputihan, mungkin terbentuk janin hormon turun lalu terjadi pendarahan. Penting USG di trimester satu,” kata Fadli.

Lebih lanjut, dokter Fadli mengingatkan peran konsultasi pada ibu hamil untuk memberi pemahaman akan pola makan yang baik seperti gizi seimbang. Selain itu, dengan rutin konsultasi, para ibu bisa memahami olahraga yang tepat untuk membantu meringankan keluhannya saat hamil.

Jika ke rumah sakit, lanjut Fadli, atur jadwal dan pertahankan pola hidup bersih dan sehat serta jaga jarak. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03