25 April 2024 - 21:58 21:58

Kapolri Perintahkan Semua Kapolda Berantas Aksi Pungli dan Preman Pelabuhan

WartaPenaNews, Jakarta – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memerintahkan kepada semua Kapolda dan jajaran dibawahnya di seluruh Indonesia memberantas aksi premanisme guna menciptaan rasa aman kepada pengguna jasa dan masyarakat di Pelabuhan.

Perintah itu diberikan kepada Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto melalui Surat Telegram tersebut bernomor ST/1251/VI/HUK.7.1/2021 tanggal 15 Juni 2021.

“(TR) tujukan kepada para Kapolda karena maraknya aksi premanisme dan pungutan liar (pungli) di kawasan pelabuhan dan sekitarnya,” ujar Komjen Agus dalam keterangan tertulisnya, Rabu (16/6).

Menurut Agus, aksi premanisme dan pungli menimbulkan keresahan. Bahkan menjadi salah satu faktor yang menyebabkan lemahnya daya saing nasional serta menghambat pertumbuhan ekonomi nasional. Permasalahan ini juga menjadi atensi dari bapak Presiden Joko Widodo dan Kapolri.

“Guna mendukung pemulihan ekonomi nasional, kamtibmas harus kondusif,” ungkap Komjen Agus.

Lebih lanjut Komjen Agus menyampikan bahwa saat ini program pemulihan ekonomi nasional terus digenjot oleh pemerintah, jangan sampai aksi premanisme dan pungutan pembohong menjadi penghambat. “Negara tidak boleh kalah dengan aksi-aksi premanisme tersebut,” kata Komjen Agus.

Dalam TR tersebut lima poin yang harus dijalankan oleh Kapolda. Pertama, melaksanakan kegiatan Kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) di Kawasan Pelabuhan yang ada di wilayah masing-masing dengan sasaran aksi premanisme.

Kedua, melaksanakan penegakan hukum terhadap segala aksi premanisme di kawasan pelabuhan yang ada di wilayah masing-masing. Ketiga, meningkatkan upaya pencegahan pungutan pembohong bersama pemberantasan pungli di kawasan pelabuhan di wilayah masing-masing.

Kemudian poin keempat, penegakan hukum bersama APIP terhadap pungli yang terjadi di kawasan pelabuhan di wilayah masing-masing. Terakhir, melaporkan hasil kegiatan kepada Kapolri Up Kabareskrim. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
25 April 2024 - 12:38
Ganjar Tolak Gabung Pemerintahan Prabowo-Gibran

WARTAPENANEWS.COM – Usai gelaran Pilpres 2024 ini, Ganjar Pranowo kembali menegaskan dirinya berada di luar pemerintahan. Sikap ini, bukan berarti dia tak hormat pada pemenang pilpres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

01
|
25 April 2024 - 11:14
Pegawai Kementerian ESDM Diperiksa Kejagung Terkait Kasus Korupsi Timah

WARTAPENANEWS.COM – Kejaksaan Agung (Kejagung) menjadwalkan pemeriksaan seorang pegawai Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kasus korupsi tata niaga timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah

02
|
25 April 2024 - 10:17
Bocah Temukan Mayat Wanita Membusuk di Dalam Rumah

WARTAPENANEWS.COM – Warga Kecamatan Cihara, Provinsi Banten dihebohkan penemuan sesosok mayat wanita di Kampung Barung Cayut, Desa Pondok Panjang, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak. Mayat yang ditemukan bocah sekitar pukul 13.00

03