19 April 2024 - 04:19 4:19

Karena Berhubungan Intim Itu Mampu Lambat Penuaan

WartaPenaNews, Jakarta – Seks tidak hanya menyenangkan, tapi juga banyak manfaat kesehatan yang luar biasa yang bisa Anda dapatkan dari berhubungan intim. Mulai dari menghilangkan stres, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan bahkan menjadi resep awet muda.

Sebuah penilitian dari University of California, San Francisco, menyatakan bahwa hubungan seks setidaknya sekali seminggu bisa membantu Anda hidup lebih lama.

Selama satu minggu, para peneliti telah melacak kehidupan seks dari 129 ibu yang berada dalam hubungan. Para peserta memberikan laporan harian tentang kepuasan dengan hubungan mereka, serta seberapa sering mereka akrab dengan pasangan mereka.

Para peneliti juga mengambil sampel darah dari para wanita dan menganalisis sel untuk indikator penuaan, dan hasilnya ada pola yang menarik menurut peneliti.

Ibu yang melakukan hubungan seks dengan pasangannya setidaknya sekali selama minggu memiliki telomere yang jauh lebih lama, suatu tutup pelindung pada DNA yang menentukan masa hidup sel — dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Seiring waktu, telomer memecah sebagai akibat dari hal-hal seperti pola makan yang buruk, minum berat dan proses alami yang semakin tua.

Tetapi hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa seks reguler bisa memperbaiki dan memperpanjang telomere, yang berarti sel hidup lebih lama dan membantu Anda tetap lebih muda.

Para peneliti telah menghubungkan telomer yang lebih pendek dengan masalah kesehatan yang serius seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Meskipun tidak ada rumus ajaib untuk kebahagiaan seksual pasangan, sebuah studi 2017 yang diterbitkan dalam Archives of Sexual Behavior menambah penelitian yang menunjukkan bahwa jumlah ideal melakukan hubungan seks per minggu itu memang ada.

Studi ini menemukan bahwa rata-rata orang dewasa menikmati seks 54 kali setahun – sekitar sekali seminggu – berdasarkan data dari tahun 1989 hingga 2014.

Meskipun angka tersebut telah menurun sedikit sejak tahun 1990-an, penelitian lain, yang diterbitkan dalam Psikologi Sosial dan Ilmu Kepribadian, menegaskan bahwa seminggu sekali memang jumlah sesi seks yang dibutuhkan pasangan untuk mendapatkan kebahagiaan secara keseluruhan.

Penelitian ini mensurvei lebih dari 30.000 orang Amerika selama 40 tahun lebih dan menemukan bahwa pasangan yang melakukan hubungan seks lebih dari satu kali seminggu tidak lebih bahagia daripada mereka yang melakukan hubungan seks hanya sekali seminggu.

“Temuan kami menunjukkan bahwa penting untuk mempertahankan hubungan intim dengan pasangan Anda. Tetapi Anda tidak perlu melakukan hubungan seks setiap hari selama Anda bisa mempertahankan koneksi Anda dengan pasangan,” kata peneliti utama studi, Amy Muise, seperti dilansir laman MSN, Minggu (30/12/2018) lalu.

Berhubungan seks sekali seminggu adalah bilangan prima untuk memperlambat penuaan dan meningkatkan kebahagiaan Anda secara keseluruhan. (dbs)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03