6 May 2024 - 20:56 20:56

Kasus Corona di AS Meningkat, KJRI Pastikan Tak Ada WNI Terinfeksi

WartaPenaNews, Jakarta – Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, Amerika Serikat, melaporkan bahwa kasus penularan virus corona California meningkat signifikan dalam 72 jam terakhir dari 7 orang sebelumnya menjadi 11 orang pada Kamis malam waktu setempat.

KJRI memastikan, di dalam wilayah kerjanya, yang meliputi negara bagian Arizona, Colorado, Hawaii, Kepulauan Pasifik di bawah Teritori AS serta California Selatan dan Nevada Selatan, sejauh ini tidak ada warga negara Indonesia yang terinfeksi virus Covid-19 itu.

Menurut KJRI dalam siaran persnya, peningkatan signifikan itu disebabkan umumnya oleh para pelancong yang baru kembali dari daerah terdampak corona, terutama di Italia Utara.

Kendati demikian, Direktur Departemen Kesehatan LA County, Barbara Ferrer, menekankan bahwa tidak terbukti terdapat “penularan antar manusia” pada kasus corona di AS. Situasi pun relatif terkendali dan warga masyarakat setempat selalu diimbau untuk tidak panik dan mengikuti perkembangan berita resmi dari situs-situs pemerintah.

Baca Juga: Pemilik Toko Asal Tionghoa Ini Tolak Sembakonya Diborong

Berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, dampak penyebaran corona dapat dilihat, antara lain pada penurunan jumlah penumpang di Bandara Internasional Los Angeles (LAX). Namun, tidak terlihat aksi panic buying meskipun terdapat kesulitan menemukan masker dan hand sanitizer di beberapa tempat.

KJRI Los Angeles terus bekomunikasi intensif dengan berbagai otoritas terkait, antara lain Departemen Kesehatan setempat, universitas tempat para mahasiswa/i Indonesia studi serta tokoh-tokoh masyarakat Indonesia di kantung-kantung masyarakat untuk memantau sekaligus memberikan penyuluhan berkaitan wabah corona.

Selain itu, KJRI Los Angeles mengoptimalkan diseminasi informasi melalui media sosial serta menyediakan Hotline 24 jam, termasuk untuk informasi mengenai wabah virus corona di nomor (+1) 213 590 8095. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03