21 June 2024 - 09:27 9:27

Kawah Gunung Karangetang Masih Luncurkan Guguran Lava

wartapenanews.com –  Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Karangetang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Yudia P Tatipang mengatakan, guguran lava masih meluncur dari puncak kawah gunung tersebut.

“Sejak erupsi pada 8 Februari 2023, guguran lava masih terpantau hingga saat ini,” sebut Yudia di Manado, Selasa (21/3/2023).

Masih tinggi aktivitas vulkanik Gunung Karangetang tersebut, dicirikan dari leleran lava yang terus meluncur ke sejumlah kali atau sungai yang ada di sekitar lereng.

Bahkan bila guguran lava tergolong besar, maka material akan menggerus lintasan dinding kali sehingga menyebabkan kemunculan asap kecoklatan yang mengandung material debu dengan ketinggian yang bervariasi.

Material debu tersebut tertiup angin dan kemudian jatuh di sekitar permukiman yang ada di sekitar gunung.

“Masih tinggi aktivitas vulkaniknya meski sudah memasuki sekitar enam pekan setelah erupsi, guguran lava pijar masih terpantau,” katanya.

Warga Kelurahan Bebali yang masih diungsikan ke Museum Ulu Kelurahan Tarorane, belum bisa dikembalikan ke rumah karena khawatir bisa terdampak awan panas guguran yang berpotensi terjadi.

“Kami terus memantau aktivitas vulkanik Gunung Karangetang selanjutnya diinformasikan kepada para pemangku kepentingan di daerah,” katanya.

Gunung Karangetang di Pulau Siau erupsi efusif pada 8 Februari 2023 setelah menunjukkan peningkatan aktivitas, PVMBG masih menetapkan statusnya pada siaga level III. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
21 June 2024 - 09:24
Telat Hidangkan Makan, Suami di Prabumulih Hajar Istri hingga Babak Belur

WARTAPENANEWS.COM – Pria bernama Sucipto (40 tahun) di Kota Prabumulih, Sumsel, ditangkap polisi usai gebuki istrinya berinisial OS (43 tahun) sampai babak belur. Kasat Reskrim Polres Prabumulih, AKP Herli Setiawan,

01
|
21 June 2024 - 09:11
Pengangguran di Makassar Aniaya dan Perkosa Pacar hingga Ancam Sebar Video Mesum

WARTAPENANEWS.COM –  Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Metro meringkus seorang pemuda lantaran diduga melakukan penganiayaan terhadap kekasihnya. Tak hanya menganiaya, pemuda tersebut juga diduga melakukan pengancaman untuk

02
|
21 June 2024 - 08:32
IHSG Diprediksi Makin Menguat

WARTAPENANEWS.COM –   Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi naik pada perdagangan hari ini. Kenaikan indeks menyusul penguatan yang terjadi hampir sepanjang perdagangan pada Kamis kemarin. Analis Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan

03