6 May 2024 - 04:34 4:34

Kejagung Bedah Gagasan, Langkah dan Tindakan Jaksa Agung ST Burhanuddin Dalam Meraih Kepercayaan Publik

IPOL.ID – Kejaksaan Agung menggelar peluncuran buku berjudul “Gagasan, Langkah dan Tindakan Jaksa Agung ST Burhanuddin Dalam Meraih Kepercayaan Publik Institusi Kejaksaan” di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (13/7).

Dalam peluncuran buku yang dimoderatori Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Ketut Sumedana, Kejagung menghadirkan Fachrizal Afandi selaku Peneliti dan Tenaga Ahli Kejaksaan RI.

Dalam kesempatan itu, Kapuspenkum Ketut Sumedana menyampaikan bahwa Kejaksaan RI melaunching 14 buku dan memamerkan 46 buku, yang merupakan karya insan Adhyaksa seluruh Indonesia.

Buku ini diharapkan menjadi bahan literasi untuk kepentingan penegakan hukum baik bagi praktisi maupun akademisi, guna berkarya lebih baik khususnya karya ilmiah.

“Selain itu, buku ini juga diperuntukkan bagi seluruh insan Adhyaksa dimana kegiatan penegakan hukum tidak hanya untuk dipublikasikan, namun juga dapat dijadikan karya ilmiah sebagai catatan sejarah di masa kini dan mendatang,” kata Sumedana.

Hal senada juga disampaikan Fachrizal Afandi. Dia menyampaikan buku ini dapat menjadi legacy dan guidance bagi Jaksa Agung berikutnya, karena menunjukkan banyak perubahan serta peningkatan kinerja dalam memperoleh kepercayaan publik.

Hal ini berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia 2023 yang menunjukkan kepercayaan publik terhadap Kejaksaan mencapai 81,2 persen dan menjadikannya tertinggi dibanding lembaga penegak hukum lainnya.

“Pencapaian tersebut tak lepas dari gagasan, ide, dan upaya Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam rangka meraih kepercayaan publik, yakni penegakan hukum humanis melalui spirit Pancasila serta kiprah Jaksa Agung dengan slogan “Tajam ke Atas Humanis Ke Bawah,” tambah Fachrizal.

Lebih lanjut, Fachrizal Afandi menuturkan gagasan dan ide lain dari Jaksa Agung yakni melahirkan keadilan subtantif dalam penegakan hukum.

Selain itu, Fachrizal mengatakan bahwa peningkatan kepercayaan publik juga tak lepas dari penanganan perkara-perkara besar dari tindak pidana umum.

Terakhir, Fachrizal juga menuturkan upaya lain dari Jaksa Agung dalam meningkatkan integritas Kejaksaan guna mempertahankan kepercayaan publik.

Hadir dalam acara ini yaitu Wakil Jaksa Agung RI, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Diklat Kejaksaan RI, Para Staf Ahli Jaksa Agung RI, Para Pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Kejaksaan Agung.(Yudha Krastawan)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03