28 Januari 2023 - 08:40 8:40
728x90

Keluarga Yosua: Sambo Minimal di Penjara Seumur Hidup

wartapenanews.com – Keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat berharap Jaksa Penuntut Umum (JPU) menjatuhkan tuntutan maksimal kepada Ferdy Sambo. Mereka berharap, pihak jaksa bisa menghadirkan rasa keadilan bagi korban di sidang tuntutan nanti, Selasa (17/1).

“Mengenai terdakwa Ferdy Sambo, kami mewakili keluarga berharap bahwa tuntutan yang akan dibacakan Jaksa Penuntut Umum akan mencerminkan rasa keadilan bagi korban, keluarga, dan masyarakat indonesia,” ungkap perwakilan keluarga Yosua, Martin Simanjuntak, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (17/1).

Bagi Martin, berdasarkan fakta persidangan, perbuatan Ferdy Sambo sudah memenuhi seluruh unsur dalam dakwaan, yaitu pembunuhan berencana sesuai Pasal 340 KUHP.

“Oleh karena itu, kami berharap Jaksa Penuntut Umum tidak ragu-ragu untuk menuntut Terdakwa Ferdy Sambo dengan tuntutan minimal seumur hidup,” ucapnya.

Kuasa hukum Ferdy Sambo, Rasamala Aritonang, juga menyampaikan harapan kliennya menuju penjatuhan tuntutan jaksa. Rasamala berharap, jaksa membuat kesimpulan yang sesuai fakta dan bukti yang terungkap di persidangan, objektif, tidak sekadar mengarang spekulasi.

“Menggunakan kacamata yang objektif. Dan yang paling penting mengedepankan kepentingan dalam persidangan ini yaitu mengungkap kebenaran materil dan menghadirkan keadilan yang sejati,” ungkap Rasamala saat dihubungi.

Terdakwa Ferdy Sambo memang akan menjalani sidang tuntutan dari jaksa hari ini, Selasa (17/1). Sebelumnya, dua terdakwa dalam perkara pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, yakin Kuat Ma’ruf dan Ricky Rizal, sudah terlebih dahulu dijatuhi tuntutan masing-masing 8 tahun penjara oleh jaksa.

Jaksa meyakini keduanya terlibat dan mengetahui perencanaan pembunuhan Brigadir Yosua. Lalu mereka tidak berupaya untuk menghalau pembunuhan tersebut dan malah diyakini turut serta dengan peran-peran masing-masing. Keduanya pun diyakini melanggar Pasal 340 KUHP.

Pada kesimpulan jaksa yang tertuang dalam tuntutan Kuat dan Ricky, disebutkan bahwa Ferdy Sambo ikut menembak Yosua. Ia menembak di bagian kepala, mengakhiri tembakan Richard Eliezer. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Pelaku Pembunuhan Ojol di Tangerang Ternyata Bukan Ojol
garis polisi
Dibakar Hidup-hidup, Wanita Paruh Baya di Sorong Meregang Nyawa
film
Deretan Film Semi China Terbaik
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
ahy
Usung Anies Capres, AHY Ajak NasDem-PKS Segera Bentuk Sekretariat Perubahan
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
bharada e
Tuntutan Terhadap Richard Eliezer Dinilai Janggal
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
satu 1
Ketua Komite Yudisial Asprov PSSI Sulut Dorong Devanda Aditya Putra Jadi Sekjen PSSI

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
28 Januari 2023 - 08:30
Konsumen Meikarta Minta Duitnya Dikembalikan Sudah 3 Tahun Belum Dibangun

wartapenanews.com - Konsumen apartemen Meikarta yang merupakan proyek ikonik dari Grup Lippo, mundur teratur. Termasuk Rosalina Gozal, jadwal serah terima kunci lewat 3 tahun, namun apartemennya masih berbentuk tanah. Alias

01
|
28 Januari 2023 - 08:06
Serang Jemaah, Inggris dan AS Kutuk Aksi Penembakan di Sinagoge Yerusalem

wartapenanews.com - Inggris mengutuk serangan di sebuah Sinagoge di Neve Ya’akov, Yerusalem pada Jumat (27/1). Dalam peristiwa ini tujuh orang tewas dan 10 orang luka-luka. "Menyerang jemaah di sinagoga pada

02
|
28 Januari 2023 - 07:33
7 Orang Tewas Dalam Penembakan di Sinagoge Yerusalem

wartapenanews.com - Tujuh orang tewas dan 10 orang luka-luka akibat serangan di sebuah Sinagoge di Neve Ya’akov, Yerusalem pada Jumat (27/1). Korban luka langsung dibawa ke rumah sakit, termasuk wanita

03