29 March 2024 - 00:23 0:23

Kembali jadi Sorotan, Mario Dandy Bawa Rubicon Masuk Kawasan Gunung Bromo

wartapenanews.com – Belum selesai kasus penganiayaan terhadap David (17), Mario Dandy Satriyo (20), anak mantan pejabat Ditjen Pajak Jaksel, kembali jadi sorotan setelah foto dan video dirinya mengendarai Rubicon, masuk kawasan Gunung Bromo.

Video ini menjadi viral karena wisata di Gunung Bromo dikenal tidak memperkenankan kendaraan roda empat masuk kecuali Jeep milik warga sekitar.

Meski belum jelas kapan pastinya aksi Mario membawa Rubicon ke Kawasan Gunung Bromo, namun aksi Mario itu terlanjur viral dan jadi sorotan. Sebelumnya, foto Mario sedang duduk di depan Rubicon, juga diduga diambil di Kawasan Gunung Bromo.

Dalam aturan terbaru, sejak 19 Agustus 2022, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) tidak lagi memberikan rekomendasi kendaraan komunitas masuk ke kawasan Gunung Bromo. Sebelum aturan tersebut berlaku, untuk kendaraan komunitas diperkenankan masuk ke kawasan Gunung Bromo, itupun hanya 20 mobil dan didampingi petugas.

Pihak pengelola, bakal mendalami foto dan video Mario Dandy tersebut untuk memastikan kapan waktunya.

Sementara itu, Menparekraf Sandiaga Uno mengecam aksi Mario dan Rubicon-nya yang masuk ke kawasan Gunung Bromo yang merupakan salah satu destinasi pariwisata prioritas. “Saya ingin mengingatkan bahwa kita mematuhi peraturan. Jangan sampai kita merusak daya tarik wisata kita,” ujar dia dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (27/2/2023).

Sandiaga mengaku telah berulang kali mendapatkan kiriman foto yang memperlihatkan mobil atau kendaraan bermotor lain melintasi kawasan Bromo Tengger Semeru. Padahal, ia berharap kawasan tersebut harus dijaga keaslian dan kelestariannya. Untuk itu, ia akan berkoordinasi kembali dengan pengurus wisata di tempat itu.

“Bagi yang menyediakan paket-paket wisata di kawasan tersebut, sebaiknya menjaga dengan baik karena yang kita jual itu adalah keindahan dan kelestarian alamnya. Kalau kita rusak itu tidak akan lagi, menjadi daya tarik wisata untuk dikunjungi oleh para wisatawan,” tutup dia. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03