21 April 2024 - 21:54 21:54

Kemenag Jalin Kerjasama dengan Sembilan Kementerian

WartaPeneNews, Jakarta – Kementerian Agama bersama sembilan Kementerian dan Lembaga sepakat melakukan kerjasama (MoU) pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan penyelenggaraan ibadah umrah secara bersama.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, nota ksepahaman ini menjadi babak baru pembinaan penyelenggaraan umrah, pengawasan, perlindungan, dan permasalahan penyelenggaraan ibadah umrah.

“Kesepahaman ini meliputi pertukaran data dan informasi , pencegahan, pengawasan, perlindungan, penanganan, dan pembentukan satuan tugas,” kata Lukman di Hotel Borobudur, Jakarta (8/2/2019).

Kesepakatan ini dikukuhkan melalui penandatangan nota kesepahaman bersama Menteri Perdagagan, Menteri Pariwisata, Menteri Luar Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, Polri, PPATK, dan Badan Perlinudungan Konsumen Nasional.

Lukman menambahkan, tindak lanjut dari nota kesepahaman ini adalah membentuk satuan tugas pencegahan, pengawasan, penanganan, permasalah penyelenggaraan ibadah umrah. Adapun susunan orgnisasi, masa tugas, dan mekanisme penetapan keanggotaannya akan diatur dalam Perjanjian Kerja Sama.

“Keanggotaan satua tugas berdasarkan usulan para pihak dan ditetapkan dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia,” katanya.

Lukman mengatakan, dalam rentang waktu tahun 2018 sampai Januari 2019 jamaah umrah mencapai 508.180 jamaah. Tiga tahun sebelumnya, jumlahnya tidak pernah kurang dari 500 ribu jamaah. Tahun 1437H/2016, total jamaah umrah sebanyak 677.509 ribu. Tahun 1438H/2017 jumlahnya meningkat hingga mencapai 858.933 jamaah.

“Bahkan tahun lalu atau 1439 hijriah, jamah umrah asal Indonesia sebanyak 1.0005.802 orang. Jumlah ini adalah yang terbesar di dunia setelah Pakistan,” katanya.

Karena jumlah yang demikian besar dan permasalahan yang kompleks, maka, kata Lukman dalam melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan, kepada jamaah perlu melibatkan semua pihak yang memiliki regulasi dan kewenangam sesuai bidang tugasnya, agar pengawasan dapat lebih baik efektif dan terpadu. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03