3 Februari 2023 - 14:28 14:28

Kemenag Jalin Kerjasama dengan Sembilan Kementerian

WartaPeneNews, Jakarta – Kementerian Agama bersama sembilan Kementerian dan Lembaga sepakat melakukan kerjasama (MoU) pencegahan, pengawasan, dan penanganan permasalahan penyelenggaraan ibadah umrah secara bersama.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, nota ksepahaman ini menjadi babak baru pembinaan penyelenggaraan umrah, pengawasan, perlindungan, dan permasalahan penyelenggaraan ibadah umrah.

“Kesepahaman ini meliputi pertukaran data dan informasi , pencegahan, pengawasan, perlindungan, penanganan, dan pembentukan satuan tugas,” kata Lukman di Hotel Borobudur, Jakarta (8/2/2019).

Kesepakatan ini dikukuhkan melalui penandatangan nota kesepahaman bersama Menteri Perdagagan, Menteri Pariwisata, Menteri Luar Negeri, Menteri Hukum dan HAM, Menteri Komunikasi dan Informatika, Polri, PPATK, dan Badan Perlinudungan Konsumen Nasional.

Lukman menambahkan, tindak lanjut dari nota kesepahaman ini adalah membentuk satuan tugas pencegahan, pengawasan, penanganan, permasalah penyelenggaraan ibadah umrah. Adapun susunan orgnisasi, masa tugas, dan mekanisme penetapan keanggotaannya akan diatur dalam Perjanjian Kerja Sama.

“Keanggotaan satua tugas berdasarkan usulan para pihak dan ditetapkan dengan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia,” katanya.

Lukman mengatakan, dalam rentang waktu tahun 2018 sampai Januari 2019 jamaah umrah mencapai 508.180 jamaah. Tiga tahun sebelumnya, jumlahnya tidak pernah kurang dari 500 ribu jamaah. Tahun 1437H/2016, total jamaah umrah sebanyak 677.509 ribu. Tahun 1438H/2017 jumlahnya meningkat hingga mencapai 858.933 jamaah.

“Bahkan tahun lalu atau 1439 hijriah, jamah umrah asal Indonesia sebanyak 1.0005.802 orang. Jumlah ini adalah yang terbesar di dunia setelah Pakistan,” katanya.

Karena jumlah yang demikian besar dan permasalahan yang kompleks, maka, kata Lukman dalam melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan, kepada jamaah perlu melibatkan semua pihak yang memiliki regulasi dan kewenangam sesuai bidang tugasnya, agar pengawasan dapat lebih baik efektif dan terpadu. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Trending

satu 1
Cara Cerdas Memperkenalkan Energi Masa Depan ke Anak
film
Deretan Film Semi China Terbaik
vaksin
Ampuhkah Vaksin Saat Ini Atasi Virus Corona Baru?
One Night Stand (2016)
7 Film Semi India Paling Sensual dan Adegan Panas
Kaki direndam dalam garam kasar dan lada hitam
Khasiat Luar Biasa Rendam Kaki dalam Garam Kasar dan Lada Hitam
satu 1
Harry Tanoe Mundur dari Dirut MNC Digital (MSIN)
Kendra Lust
Demi Mejeng di UFC, Bintang Porno ini Rela Bayar Mahal
Sarah Viloid
5 Gamer Paling Cantik dan Seksi di Indonesia
tni
Sedihnya, 30 Calon Taruna Akmil Positif Corona
satu 1
Wowon Erawan Tega Membunuh Anaknya, Ini Alasannya

Pilihan Redaksi

Berita Terkait

|
3 Februari 2023 - 12:13
Viral, Siswa Teladan di SMA Kotamobagu Dianiaya hingga Babak Belur

wartapenanews.com  -  Seorang siswa teladan dari SMA Negeri 1 Kota Kotamobagu di Sulawesi Utara (Sulut) bernama Aldi, dianiaya atau dikeroyok oleh belasan siswa lainnya hingga babak belur dan harus dibawa

01
|
3 Februari 2023 - 11:07
Hujan Deras di Gunungkidul Menyebabkan Tanah Longsor

wartapenanews.com  - Hujan deras yang mengguyur Gunungkidul, Kamis (2/2/2023) malam memicu beberapa bencana tanah longsor. Hujan yang mulai pukul 19.00 WIB mengakibatkan tanah longsor di beberapa titik. Tak hanya itu,

02
|
3 Februari 2023 - 10:06
Anggota DPRD Pekalongan Ditangkap saat Pesan Sabu

wartapenanews.com  -  Seorang anggota DPRD Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berinisial JZ (53) ditangkap atas kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu. JZ ditangkap di rumah rekannya pada Minggu 29 Januari 2023 kemarin.

03