29 March 2024 - 08:31 8:31

Kemendagri Dorong Upaya Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

WartaPenaNews, Jakarta – Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Sekjen Kemendagri) Hadi Prabowo mendorong upaya peningkatan kapasitas aparatur desa. Menurut Hadi, peningkatan kapasitas aparatur desa menjadi sangat penting untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat.

“Kita upayakan nantinya di tahun 2019-2020 ke depan, desa betul-betul mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat, meningkatkan kesejahteraan dan memberdayakan masyarakat. Karena sebenarnya desa adalah miniatur dari sistem pemerintahan nasional,” ucap Hadi saat menghadiri pertemuan kepala desa se-Madura di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kamis (7/2/2019).

Selain itu, Hadi juga menyebut peningkatan kapasitas desa kian penting dilakukan mengingat letak geografis Indonesia. Diketahui terdapat sekitar 74.957 desa yang beranekaragam, baik kaitannya dengan kapasitas yang dimiliki maupun kaitannya dengan geografis. Sehingga metode dan mekanisme pelaksanaan tugasnya pun juga beragam.

Selain itu, data Ditjen Bina Pemerintahan Desa menyebutkan, sekitar 76 persen desa di Indonesia masih perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan kapasitasnya.

“Kalau kita lihat data Ditjen Pemdes ini kurang lebih 24 persen dari jumlah desa yang ada ini mempunyai aparatur yang baik yang memadai, sedangkan 76 persen ini masih perlu dilakukan pembinaan dan pelatihan untuk peningkatan kapasitasnya. Oleh karena itulah pentingnya untuk peningkatan kapasitas di dalam baik itu untuk pelaksanaan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan maupun tata kelola keuangan desa,” pungkasnya. (sol)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 08:13
Lurah di DIY Ingin Lurah 2 Periode Bisa Maju Lagi

WARTAPENANEWS.COM - Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan se-Daerah Istimewa Yogyakarta, Nayantaka, menyambut baik pengesahan Revisi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, di mana ada perubahan masa jabatan lurah dari

01
|
29 March 2024 - 07:29
Diduga Kasus Pelecehan Seksual, Mantan Ketua DPD PSI Jakbar Dipolisikan

WARTAPENANEWS.COM - Mantan Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jakarta Barat (Jakbar) ANL dipolisikan atas dugaan pelecehan seksual, oleh seorang wanita berinisial W (29). Laporan dilakukan di Polda Metro Jaya

02
|
29 March 2024 - 07:11
Rumah Kontrakan di Jatinegara Terbakar akibat Kompor Meledak

WARTAPENANEWS.COM - Sebuah rumah kontrakan seluas 3x10 meter di Jatinegara, terbakar saat Kamis sore ini (28/3/2024) menjelang waktu berbuka puasa. Rumah kontrakan tersebut terbakar lantaran penghuni rumah tengah memasak nasi,

03