28 March 2024 - 22:43 22:43

Kemenpar Akan Percepat Pembangunan 5 Destinasi Super Prioritas

Kemenpar Akan Percepat Pembangunan 5 Destinasi Super Prioritas

Jakarta, WartaPenaNews.com – Anggaran tambahan sebesar Rp6,35 triliun pada APBN 2020 diharapkan mampu mempercepat pengerjaan proyek utilitas dasar dan infrastruktur di lima destinasi super prioritas.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan pembangunan seluruh utilitas dasar dan infrastruktur pendukung di lima destinasi wisata super prioritas bisa tuntas sepenuhnya sesegera mungkin lantaran pemerintah telah mengucurkan anggaran tambahan tersebut.

Lima destinasi wisata yang dimaksud yakni Danau Toba di Sumatra Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Likupang di Sulawesi Utara.

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat rapat koordinasi nasional (Rakornas) III di Swissotel Jakarta PIK Avenue, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (11/9/2019) menjelaskan, pemerintah memberikan tambahan anggaran untuk pengembangan lima destinasi wisata super prioritas sebesar Rp6,35 triliun dalam APBN 2020.

“Untuk mencapai target ini, pemerintah menganggarkan Rp6,35 triliun kepada 4 destinasi super prioritas dengan rincian Danau Toba (Rp2,2 triliun). Kemudian Borobudur (Rp2,1 triliun), Labuan Bajo (Rp300 miliar), dan Mandalika (Rp1,9 triliun),” kata Menpar dalam siaran pers Kementerian Pariwisata.

Foto : Ist

Tambahan anggaran untuk pengembangan destinasi wisata super prioritas akan diberikan kepada enam kementerian/lembaga terkait yang terdiri dari Kemenpar, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK), Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).

Lebih lanjut Menpar Arief menjelaskan, critical success factor dibuat oleh Kemenpar untuk memastikan apakah pengembangan lima destinasi wisata super prioritas berhasil di tengah hambatan yang ada. Sejauh ini, menurutnya selain belum tuntasnya pembangunan utilitas dasar dan infrastruktur pendukung, hal lain yang ikut menjadi hambatan adalah masalah lingkungan dan kebersihan.

Untuk Danau Toba, Menpar menjelaskan, progres perfomansi Danau Toba mencapai 100,86% dengan CSF Groundbreaking Glamping, penandatanganan perjanjian kerjasama Land Utilization and Development Agreement (LUDA) yang ditargetkan selesai Oktober 2019, serta pembangunan jalan dalam kawasan the Kaldera Toba sepanjang 1,9 kilometer.

Sedangkan untuk pengembangan Borobudur, ia menjelaskan performansi Borobudur mencapai 93,36% dengan CSF berupa bandara baru yang berkapasitas besar dehingga bisa menampung wisatawan datang ke Borobudur.

Sedangkan untuk Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Menpar Arief menyebut pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika, pembangunan Jalan Bypass Bandara menuju KEK Mandalika, dan pembangunan Bandara Internasional Lombok jadi CSF di sana.

“Sementara untuk pengembangan strategi penataan destinasi wisata Labuan Bajo yaitu perluasan Bandara Internasional Komodo, lelang pengelolaan bandara, penataan kawasan Puncak Waringin, pemindahan pelabuhan kontainer, dan segmentasi premium untuk Labuan Bajo,” kata Menpar.

Yang terakhir adalah KEK Likupang yang ada di Minahasa Utara yang ditetapkan presiden Jokowi sebagai destinasi super prioritas terbaru yang tingkat performansi Likupang tercapai 171,4%. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03