28 March 2024 - 21:57 21:57

Kementerian PUPR Anggarkan Rp 19,4 Miliar untuk Rusun TNI di Kota Manado

Kementerian PUPR Anggarkan Rp 19,4 Miliar untuk Rusun TNI di Kota Manado

WartaPenaNews, Manadi – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mendukung penyediaan hunian yang memadai bagi anggota TNI yang bertugas di Makodam XIII/Mdk Kota Manado. Hal tersebut dilaksanakan dengan membangun satu tower rumah susun setinggi tiga lantai dengan 44 unit hunian tipe 36 senilai Rp 19,4 miliar.

“Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, pasal 5 ayat 1 menyatakan negara bertanggung jawab atas penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman yang pembinaannya dilaksanakan oleh pemerintah. Untuk itu, pihaknya siap mendukung memenuhi kebutuhan hunian layak dan memadai bagi anggota TNI bersama keluarganya,” ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, H. Hujurat di Manado, Rabu (21/7/2021).

Lebih lanjut, Hujurat menerangkan, pihaknya telah melaksanakan peletakan batu pertama di lokasi pembangunan Rusun TNI tersebut bersama Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G Matondang bersama jajaran KODAM XIII/Merdeka dan Kepala Kejati Sulut A. Dita Prawitaningsih beberapa waktu lalu. Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga hadir Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Utara, Recky W. Lahope, PPK Rumah Susun dan Rumah Khusus Lanny Mamudi.

Berdasarkan data yang ada, pembangunan Rusun TNI ini akan dilaksanakan secara Single Years Contract (SYC) pada tahun 2021 dengan anggaran Rp 19,4 miliar. Lokasi pembangunan berlokasi di di Desa Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa.

Rusun ini nantinya dibangun satu tower setinggi tiga lantai dengan 44 unit hunian tipe 36. Kontraktor pelaksana adalah PT. Manuwo Sangir Jaya dengan Manajemen Konstruksi PT. Dharma Abadi Consultant KSO. Ruang lingkup kerja yang akan dilaksanakan mencakup pekerjaan fondasi, struktur beton bertulang, arsitektur, mekanikal, dan elektrikal. Selain itu juga dilaksanakan penataan halaman untuk fasilitas olahraga dan parkiran dan Rusun ini juga dilengkapi dengan fasilitas lengkap standar sama dengan gedung negara.

“Kami berharap pembangunan Rusun ini bisa selesai tepat waktu dan tepat mutu sesuai perencanaan yang ditetapkan. Pembangunan Rusun Kodam Merdeka XIII Manado ini juga adalah salah satu prioritas utama tahun 2021 sekaligus menunjang pemulihan ekonomi pasca pandemi”, harap Hujurat.

Sementara itu, Pangdam XIII/Merdeka menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya serta penghargaan yang tulus kepada Kementerian PUPR dan setiap pihak yang turut mengambil bagian dalam pembangunan rusun ini. Pimpinan TNI Angkatan Darat tentu menyadari sepenuhnya bahwa anggota tidak mungkin dapat melaksanakan tugas dan kewajibannya secara optimal bila kesejahteraan bidang perumahan ini belum terpenuhi secara layak dan memadai.

“Kami optimis dengan pembangunan Rusun ini dapat meningkatkan moralitas prajurit dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” katanya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03