18 April 2024 - 17:59 17:59

Kementerian PUPR Bangun Rusun BBPJN XI Senilai Rp 73,72 M

Kalsel, WartaPenaNews – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pembangunan rumah susun (Rusun) di berbagai wilayah Indonesia. Salah satu Rusun yang kini tengah dibangun adalah Rusun Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XI di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan senilai Rp73,72 Milyar.

“Kami akan terus mendorong pembangunan Rusun untuk masyarakat diseluruh wilayah Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Kamis (4/2/2021).

Khalawi menjelaskan, saat ini pembangunan hunian vertikal menjadi salah satu solusi atas semakin terbatasnya lahan permukiman. Tak hanya di Ibukota saja, tapi pembangunan hunian vertikal juga harus merata di berbagai wilayah Indonesia termasuk di Kalimantan Selatan.

“Pelaksanaan pembangunan Rusun BBPJN XI ini dilaksanakan oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BP2P Kalimantan II Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, Nursal yang diwakili oleh Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Kalimantan Selatan, Erpika Ansela Surira menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak dalam hal ini termasuk kontraktor pelaksana lapangan. Saat ini proses pembangunan Rusun telah mencapai prosesi penutupan atap atau Topping Off Ceremony di lokasi pembangunan Rusun BBPJN XI yang berlokasi di Kota Banjarbaru.

“Kami telah melaksanakan prosesi topping off pembangunan fisik Rusun. Kami berharap proses pembangunan bisa berjalan dengan baik sehingga Rusun ini bisa segera di huni oleh ASN Kementerian PUPR yang belum memiliki hunian,” ucapnya.

Erpika menerangkan, proyek pembangunan Rusun BBPJN XI tersebut dikerjakan multiyears mulai Oktober 2020 hingga akhir 2021.

Adapun pelaksana pekerjaan dilaksanakan oleh kontraktor PT. Citra Prasasti Konsorindo KSO dengan PT Cipta Vera Mandiri dengan managemen konsultan PT. Virama Karya (Persero) Cabang Kalimantan.

Berdasarkan data yang ada, Rusun BBPJN XI dibangun di Jalan HM Mistar Cokro Kusumo Kelurahan Sungai Besar Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru. Bangunan vertikal tersebut berdiri di atas tanah seluas 921 meter persegi dan terdiri atas satu menara blok setinggi delapan lantai.

“Total ruang unit hunian Rusun BBPJN XI ini sebanyak 92 unit dengan tipe 45. Kami juga akan melengkapi Rusun ini dengan meubelair seperti tempat tidur, lemari pakaian dan meja kursi sehingga para penghuni nantinya dapat tinggal dengan nyaman,” katanya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03