20 April 2024 - 21:35 21:35

Kementerian PUPR Resmikan Jembatan Gantung Mekar Baru Serang

Jakarta, WartaPenaNews – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan Jembatan Gantung Mekar Baru yang terletak di Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten. Jembatan ini diresmikan oleh Direktur Pembangunan Jembatan Yudha Handita Pandjiriawa bersama anggota Komisi V DPR Tubagus Haerul Jaman, dan Wakil Bupati Serang Panji Tirtayasa, Selasa (29/12/2020).

Yudha mengatakan, jembatan yang menghubungkan Desa Mekar Baru dan Desa Cikokok ini mulai dibangun pada 11 September 2020 dan masa pelaksanaan 112 hari. Jembatan ini dibangun dengan anggaran Rp2,67 miliar dikerjakan oleh kontraktor PT Rizky Cipta Guna Perkasa dan konsultan PT Bintang Inti Rekatama.

“Hadirnya jembatan ini diharapkan dapat mempersingkat perjalanan warga menuju sekolah, pasar, kantor atau tempat kerjanya,” ujar Yudha dalam acara peresmian seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (31/12/2020).

Jembatan Gantung Mekar Baru dibangun menggunakan konstruksi beton dan rangka baja dengan panjang 42 meter dan lebar 1,5 meter. Beban maksimum jembatan ini 300 kg/m dan hanya bisa dilalui oleh pejalan kaki serta kendaraan ringan seperti kendaraan roda dua, gerobak dan sepeda.

Dengan telah diselesaikannya pembangunan jembatan gantung ini Kementerian PUPR akan menghibahkannya kepada Pemerintah Kabupaten Serang. Diharapkan Pemda bersama warga sekitar untuk dapat berperan aktif dalam menjaga jembatan.

Di Provinsi Banten sekitar 30 jembatan gantung telah dibangun Kementerian PUPR. Pembangunan jembatan gantung merupakan usulan dari Pemerintah Daerah setempat, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), TNI, dan DPRD yang diajukan kepada Kementerian PUPR dengan mempertimbangkan kondisi wilayah, sosial, ekonomi, potensi wilayah, dan kesesuaian lokasi, manfaat, dan urgensi pembangunan jembatan. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03