12 May 2024 - 17:29 17:29

Kementerian PUPR Siap Dukung Siak Kembangkan Wisata Halal

WartaPenaNews, Jakarta – Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR mendukung Pemerintah Kabupaten Siak untuk mengembangkan wisata halal melalui program bedah rumah atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Bantuan ini guna meningkatkan kualitas rumah tidak layak huni (RTLH) masyarakat sehingga dapat dijadikan homestay bagi wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut.

“Kami memiliki Program BSPS atau bedah rumah untuk memperbaiki rumah tidak layak huni sekaligus menata hunian di Kabupaten Siak. Kami juga berharap rumah yang telah ditingkatkan kualitasnya tersebut bisa menjadi homestay bagi para wistawan dan mendorong wisata halal,” ujar Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat menerima kunjungan Bupati Siak H. Alfedri di Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (17/12/2019).

Menurut Khalawi, setiap kepala daerah dapat mengajukan usulan mengenai permohonan bantuan bedah rumah kepada Kementerian PUPR. Hal itu dikarenakan Program BSPS dilaksanakan guna meningkatkan kualitas rumah miliki masyarakat yang tidak layak huni.

Kementerian PUPR, imbuh Khalawi juga terus mendorong pelaksanaan Program Satu Juta Rumah di Indonesia. Program Satu Juta Rumah merupakan salah satu program terobosan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Beberapa program yang dilaksanakan dalam Program Satu Juta Rumah tersebut antara lain pembangunan rumah susun, rumah khusus, rumah swadaya serta bantuan stimulan berupa prasarana, sarana dan utilitas (PSU) di perumahan bersubsidi.

“Pemda dapat mengembangkan kawasan wisata yang baik jika rumah-rumah milik warganya tertata dan tidak kumuh. Jadi wisatawan bisa merasa nyaman dan bahkan mereka mungkin bisa menginap di rumah penduduk yang telah ditata sehingga mereka lebih dekat dengan objek wisata yang ada di sana,” terangnya.

Lebih lanjut, Khalawi juga menyampaikan agar pemerintah daerah terus mengembangkan potensi wisata yang menunjukkan kearifan lokal. Apalagi Kabupaten Siak yang memiliki tempat wisata Istana Siak Sri Inderapura kerap menjadi tujuan para wisatawan dari mancanegara seperti dari Singapura dan Malaysia.

Berdasarkan data yang ada di Ditjen Penyediaan Perumahan, pada tahun 2019 ini pihaknya telah menyalurkan Program BSPS di Kabupaten Siak sebanyak 425 unit rumah.

Sementara itu, Bupati Siak H. Alfedri menyatakan, pemerintah Kabupaten Siak sangat terbantu dengan berbagai program pembangunan infrastruktur dan perumahan yang telah disalurkan oleh Kementerian PUPR. Menurutnya, adanya bantuan bedah rumah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Siak khususnya bagi mereka yang rumahnya tidak layak huni.

“Kami berharap Kementerian PUPR bisa menambah jumlah bantuan bedah rumah di Kabupaten Siak mengingat masih banyak masyarakat kami yang rumahnya tidak layak huni,” harapnya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
11 May 2024 - 12:17
Ayah di Bekasi Pukul Anak Pakai Linggis hingga Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Polres Metro Bekasi Kota menghentikan kasus seorang ayah berinisial N (61 tahun) yang memukul anak kandungnya sendiri berinisial C (35) hingga tewas menggunakan linggis. Kasatreskrim Polres Metro Bekasi

01
|
11 May 2024 - 11:16
1 Orang Tewas, 3 Rumah Rusak di Pasuruan akibat Bom Ikan Meledak

WARTAPENANEWS.COM – Bom ikan atau bondet meledak di sebuah gudang Jalan Hangtuah IX RT 006 RW 009 Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jumat (10/5) malam. Ledakan tersebut menewaskan satu

02
|
11 May 2024 - 10:13
Sopir Taksi di Bali Diringkus Usai Bawa Kabur Tas Berisi Uang Rp30 Juta

WARTAPENANEWS.COM – Oknum sopir taksi berinisial IKEP (40) diringkus di rumahnya di Jalan Imam Bonjol, Denpasar, karena membawa pulang tas milik penumpangnya yang tertinggal. Dalam tas milik WN Prancis berinisial

03