28 March 2024 - 18:44 18:44

Kementerian PUPR Siap Sukseskan Peringatan Hari Nusantara di Pariaman

Pariaman, Wartapenanews.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap mensukseskan Peringatan Hari Nusantara yang akan dipusatkan di Kota Pariaman, Sumatera Barat. Berbagai kegiatan pun tengah disiapkan seperti peresmian pembangunan infrastruktur dan perumahan, lomba-lomba yang melibatkan masyarakat serta berbagai atraksi dengan melibatkan pemerintah daerah setempat, TNI AL dan dinas setempat.

“Kementerian PUPR siap untuk mendukung penuh pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara di Kota Pariaman,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana saat Rapat Koordinasi Persiapan Peringatan Hari Nusantara di Balairung Walikota Pariaman, Sumatera Barat, Senin (18/11/2019).

Rapat Koordinasi Persiapan Hari Nusantara dibuka oleh Walikota Pariaman Bapak Genius Umar dan dihadiri perwakilan Kemenko Kemaritiman dan Investasi Kosmas Harefa dan undangan dari Kementerian/ lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah daerah, Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat dan dinas terkait.

Dadang menjelaskan, Peringatan Hari Nusantara merupakan sebuah event yang baik untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara kelautan dan daratan yang tidak terpisahkan. Untuk itu, Kementerian PUPR akan melakukan rapat koordinasi internal untuk pelaksanaan Peringatan Hari Nusantara.

“Hasil rapat koordinasi dan survey lapangan akan dilaporkan kepada Menteri PUPR sebagai Ketua Panitia Nasional Peringatan dan Menko Kemaritiman untuk selanjutnya disampaikan ke Presiden,” terang dalam siaran persnya yang diterima redaksi.

Lebih lanjut, Dadang menerangkan, beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur dan perumahan yang telah dilaksanakan Kementerian PUPR antara lain penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 1.000 unit untuk masyarakat Kota Pariaman. Bantuan Program BSPS tersebut dilaksanakan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat dan tersebar di empat kecamatan di Kota Pariaman.

Setiap unit rumah yang mendapatkan dana BSPS sebesar Rp17,5 juta. Selain itu ada juga pembangunan penahan ombak di sekitar Pantai Gandariah yang akan dijadikan lokasi pusat Peringatan Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember 2019.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan bahwa Peringatan Hari Nusantara dapat menjadi momentum bagi Provinsi Sumatera Barat dan Kota Pariaman pada khususnya untuk menyampaikan program pembangunan di Sumatera Barat.

“Bedah rumah itu menunjukkan negara hadir untuk membantu masyarakat di bidang perumahan. Pemerintah Kota Pariaman berharap kegiatan ini dapat dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo,” katanya. (rob)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
28 March 2024 - 12:19
Libur Paskah 29 Maret, Dishub DKI Ganjil Genap Ditiadakan

WARTAPENANEWS.COM - Dinas Perhubungan [Dishub] DKI Jakarta meniadakan aturan ganjil genap saat libur Paskah pada Jumat, 29 Maret 2024. Hal ini disampaikan Dishub DKI melalui akun X yang dilihat  pada

01
|
28 March 2024 - 11:18
Massa Demo di Patung Kuda, Tuntut Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

WARTAPENANEWS.COM - Sekelompok massa menggelar aksi unjuk rasa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (28/3/2024). Mereka menuntut hakim Mahkamah Konstitusi (MK) mendiskualifikasi pasangan calon (paslon) capres-cawapres 02, Prabowo Subianto-Gibran

02
|
28 March 2024 - 10:12
Lebaran 2024, Jumlah Pemudik Pesawat Diprediksi 7,9 Juta Orang

WARTAPENANEWS.COM -  PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney memprediksi peningkatan jumlah penumpang pesawat pada Angkutan Mudik Lebaran 2024. Diperkirakan mencapai 7,9 juta orang. Angka itu akumulasi dari penumpang yang

03