29 March 2024 - 17:30 17:30

Kenali Gejala dan Pencegahan Kista Ovarium

WartaPenaNews, Jakarta – Bintang FTV Dinda Kirana menjalani operasi pengangangkatan kista ovarium. Dinda memang diketahui sudah setahun mengalami kista ovarium. Kista ovarium adalah akumulasi cairan atau bahan setengah padat yang berada dalam kantung rahim.

Ovarium adalah bagian dari sistem reproduksi wanita. Mereka terletak di perut bagian bawah di kedua sisi rahim. Wanita memiliki dua ovarium yang menghasilkan sel telur serta hormon estrogen dan progesteron.

Terkadang, kantung berisi cairan yang disebut kista akan berkembang di salah satu ovarium. Banyak wanita akan mengembangkan setidaknya satu kista selama hidup mereka.

Dikutip dari healthline, ada beberapa jenis kista ovarium, yaitu kista dermoid dan kista endometrioma. Namun, kista fungsional adalah jenis yang paling umum. Dua jenis kista fungsional termasuk kista folikel dan kista korpus luteum.

Kista folikel

Selama siklus menstruasi wanita, sel telur tumbuh di kantung yang disebut folikel. Kantung ini terletak di dalam ovarium. Dalam kebanyakan kasus, folikel atau kantung ini pecah dan melepaskan sel telur. Tetapi jika folikel tidak pecah, cairan di dalam folikel dapat membentuk kista di ovarium.

Kista korpus luteum

Kantung folikel biasanya larut setelah melepaskan telur. Tetapi jika kantung tidak larut dan pembukaan folikel menutup, cairan tambahan dapat berkembang di dalam kantung, dan akumulasi cairan ini menyebabkan kista korpus luteum.

Jenis lain dari kista ovarium meliputi:

Kista dermoid: pertumbuhan seperti kantung pada ovarium yang dapat berisi rambut, lemak, dan jaringan lainnya

Kista denoma: pertumbuhan non-kanker yang dapat berkembang di permukaan luar ovarium
endometrioma: jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim dapat berkembang di luar rahim dan menempel pada ovarium, menghasilkan kista.

Beberapa wanita mengembangkan kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik. Kondisi ini berarti ovarium mengandung sejumlah besar kista kecil. Hal ini dapat menyebabkan ovarium membesar. Jika tidak diobati, ovarium polikistik dapat menyebabkan infertilitas.

Gejala kista ovarium

Seringkali, kista ovarium tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, gejala dapat muncul saat kista tumbuh. Gejala mungkin termasuk:

– perut kembung atau bengkak
– buang air besar yang menyakitkan
– nyeri panggul sebelum atau selama siklus menstruasi
– hubungan intim yang menyakitkan
– nyeri di punggung bawah atau paha thigh
kelembutan payudara
– mual dan muntah

Adapun gejala parah dari kista ovarium yang memerlukan perhatian medis segera meliputi:

– nyeri panggul yang parah
– demam
– pingsan atau pusing
– pernapasan cepat

Gejala-gejala ini dapat mengindikasikan kista yang pecah atau torsi ovarium. Kedua komplikasi tersebut dapat memiliki konsekuensi serius jika tidak ditangani sejak dini.

Kebanyakan kista ovarium jinak dan secara alami hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Kista ini menyebabkan sedikit, jika ada, gejala. Tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, dokter Anda mungkin mendeteksi massa ovarium kistik yang bersifat kanker selama pemeriksaan rutin.

Pencegahan

Kista ovarium tidak dapat dicegah. Namun, pemeriksaan ginekologi rutin dapat mendeteksi kista ovarium secara dini. Kista ovarium jinak tidak menjadi kanker. Namun, gejala kanker ovarium dapat menyerupai gejala kista ovarium.

Jadi, penting untuk mengunjungi dokter Anda dan menerima diagnosis yang benar. Peringatkan dokter Anda tentang gejala yang mungkin mengindikasikan masalah, seperti:

– perubahan dalam siklus menstruasi Anda
– nyeri panggul yang berkelanjutan
– kehilangan selera makan
– penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
perut kenyang (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03