20 April 2024 - 01:38 1:38

Kenali Sirosis Hati dan Deteksi Sejak Dini

WartaPenaNews, Jakarta -  Sirosis hati atau kerusakan hati menahun karena fibrosis hati, sangat menakutkan jika dialami seseorang. Selain tidak memiliki gejala yang khas pada stadium awal, tetapi memiliki risiko kematian yang tinggi pada stadium lanjut yaitu pada stadium dekompensasi.

Satu-satunya langkah yang efektif adalah melakukan deteksi awal penyakit hati. Lalu bagaimana cara mengenali gejala sirosis dan penyebabnya?

Sirosis hati secara perlahan akan mengakibatkan menurunnya fungsi hati dan meningkatkan tekanan vena portal. Hal ini berjalan bertahun tahun tanpa memberikan gejala dan tanda klinis yang tidak kita sadari. Namun perkembangan ini dapat kita hambat atau hentikan bila penyebabnya diobati.

“Penyebab Sirosis hati dapat diketahui melalui deteksi awal melalui pemeriksaan klinis dan laboratoris,” ujar Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Gastro Enterologi Hepatologi dr. Agus Sudiro Waspodo Sp. PD – KGEH dari Siloam Hospital ASRI melalui Edukasi Webinar, baru-baru ini.

Dikatakan Agus, gejala khusus yang harus diketahui yaitu ketika penderita Sirosis kerap mengalami rasa mual, muntah secara kontinyu, lemas dan mengalami penurunan nafsu makan.

“Gejala khusus lainnya adalah timbulnya rasa tidak nyaman di daerah perut sebelah kanan bagian atas, bagian mata yang berwarna putih menjadi menguning dan atau muntah darah,” ujar Agus.

Agus menyarankan agar masyarakat segera melakukan deteksi dini pada organ hati, karna merupakan langkah efektif guna mengetahui ada tidaknya potensi sirosis pada organ hati.

“Terlebih jika anda rutin mengkonsumsi cairan beralkohol, memiliki berat badan berlebih atau pernah terinfeksi virus Hepatitis,” katanya.

Agus juga menjelaskan, melalui deteksi dini, dokter dapat menentukan seseorang menderita sirosis. Melalui perubahan pada tubuh pasien. Namun untuk lebih memastikannya, dokter akan menjalankan tes darah, uji pencitraan, atau mengambil sampel jaringan dari hati.

“Dari deteksi dini tersebut, akan diketahui. Jika diperlukan pengobatan sirosis bertujuan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan meredakan gejala yang timbul,” kata Agus.

Apabila organ hati sudah tidak bisa berfungsi, penderita perlu menjalani transplantasi hati, yaitu mengganti organ hati yang rusak dengan organ hati yang sehat dari pendonor.

Sirosis Hati dapat di kelompokan menjadi dua kategori, yaitu :

1. Sirosis Kompensasi

Sirosis Kompensasi yaitu tidak ditemukannya ‘Simtom’ yang berhubungan meski kemungkinan sudah terdapat varises ‘Esofagus’ atau Varises ‘Gaster’. Secara klinis gambarannya sebagai berikut: Keluhan Pasien, lemas, cepat lelah dan rasa tidak nyaman di daerah perut kanan atas. Pemeriksaan Jasmani, adanya tanda tanda pemyakit hati yang menahun. Pemeriksaan Laboratorium, Ratio SGOT/SGPT > 1 dan details lain.

Ultrasonografi, permukaan hati tidak rata, pelebaran vera porta dan lainnya. Endoscopy, dapat ditemukan varises esofagus tidak berdarah.

2. Sirosis Dekompensasi

Sirosis Dekompensasi yaitu telah ditemukannya simtom yang berkaitan dengan penyakitnya seperti Ikterik. Akibat penurunan fungsi hatinya atau simtom yang berhubungan dengan adanya ‘hipertensi portal’ seperti ascites, pendarahan varises esofagus atau encephalopati hepatika.

Gambaran klinisnya: Keluhan Pasien, mata menjadi kuning, buang air kecil berwarna kuning, muntah darah, buang air besar berwarna hitam, perut buncit, kaki bengkak, kesadaran menurun. Pemeriksaan Jasmani mata ikterik, asites, edema dan lain lain. Pemeriksaan LaboratoriumSGOT/SGPT > 1 dan lain lain.

Ultrasonografi, permukaan hati tidak rata, pelebaran berna porta dan lainnya.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03