5 May 2024 - 20:51 20:51

Kenapa Seseorang Bisa Mendadak Pingsan, Ini Penjelasannya

WartaPenaNews, Jakarta - Pingsan adalah suatu kondisi kehilangan kesadaran akibat hal-hal tertentu. Banyak penyebab bagaimana seseorang bisa mengalami pingsan. Biasanya pingsan disebabkan oleh kurang nutrisi, terkejut, terluka di daerah kepala, merasakan sakit yang amat dan lain sebagainya.

Nah, di antara beberapa alasan di atas, ternyata ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan seseorang pinsan. Apa saja?

1.Mengonsumsi Alkohol Dan Obat-Obat Terlarang

Alkohol atau minuman terlarang lainnya sangat mudah diserap oleh darah. Karena itulah banyak orang menjadi kehilangan kesadaran setelah mengonsumsi minuman atau obat terlarang. Meski sebenarnya tidak baik untuk kesehatan, masih banyak orang yang menikmati hal-hal tersebut. Jika kamu salah satunya, sebaiknya kurangi atau jauhi hal-hal tersebut demi kesehatanmu ya.

2. Mendadak Berdiri

Setelah lama berjongkok atau duduk kemudian kamu tiba-tiba harus berdiri, kamu mungkin akan merasa berkunang-kunang dan kehilangan penglihatan. Nah, ada juga yang sampai pingsan. Biasakan untuk berdiri pelan-pelan setelah lama berjongkok atau duduk. Hal ini dikarenakan jantung harus memompa darah lebih keras saat kamu merubah posisi dari berojongkok ke berdiri.

3. Kekurangan Oksigen

Saat berada di ruangan yang pengap dan banyak orang, tubuhmu akan kekurangan oksigen. Inilah yang menyebabkan seseorang mulai berkunang-kunang kemudian pingsan.

4. Kekurangan Cairan Tubuh

Minum menjadi sangat penting bukan hanya untuk menjaga suhu tubuh, namun air minum yang kita konsumsi bisa memperlancar aliran darah yang mengangkut oksigen menuju otak. Saat kamu kehilangan banyak cairan, tubuhmu akan merasa lemas karena dehidrasi dan ini bisa menyebabkanmu pingsan.

5. Kelaparan

Pernahkah kamu merasa gemetar saat lapar? Atau mungkin sampai pingsan? Rasa lapar jangan disepelekan. Saat kita mengonsumsi sesuatu, zat glukosa yang berasal dari makanan akan menjadi sumber energi yang akan dipecah menjadi insulin oleh tubuh.

6. Terlalu Lama Berada Di Bawah Sinar Matahari

Kamu atau mungkin temanmu pernah mengalami hal ini saat masa sekolah dulu. Saat upacara sekolah, berdiri di bawah terik matahari terlalu lama akan membuat matamu berkunang-kunang. Beberapa siswa mungkin akan mengalami pingsan. Nah, hal ini dikarenakan suhu yang panas bisa mengacaukan metabolisme tubuh. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
4 May 2024 - 12:14
Mal Rabinza di Lebak Hangus Terbakar

WARTAPENANEWS.COM – Kebakaran hebat terjadi di Mal Rangkasbitung Indah Plaza (Rabinza), Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, pada Sabtu (4/5/2024) dini hari. Informasi diperoleh, peristiwa itu terjadi pukul 00.25 WIB.

01
|
4 May 2024 - 11:13
Mayat Pria Ditemukan Tanpa Busana di Perumahan Sukabumi

WARTAPENANEWS.COM – Warga di Perumahan Frinanda, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, digegerkan dengan penemuan mayat pria dalam kondisi telanjang. Kejadian tragis tersebut terjadi di rumah blok B1 Nomor 1

02
|
4 May 2024 - 10:06
Exit Tol Jagorawi Arah Puncak Macet, Contraflow Diberlakukan di KM 44

WARTAPENANEWS.COM – Kemacetan terjadi di exit Tol Jagorawi arah Puncak pagi ini, Sabtu (4/5). Ini disebabkan wisatawan yang akan berlibur ke kawasan Puncak pada weekend. Informasi dari Jasa Marga, kemacetan

03