6 May 2024 - 20:31 20:31

Kesepian Ternyata Lebih Mematikan Dibanding Obesitas

WartaPenaNews, Jakarta – Kesepian ternyata lebih mematikan dibanding dengan obesitas. Hal tersebut berdasarkan rangkuman sejumlah pengamat asal Amerika Serikat.

Banyak pengamat itu juga memandang kesepian mesti diperhitungkan sebagai salah satunya faktor mematikan pada kehidupan manusia. Diambil dari laman New York Post, hasil tinjauan ratusan kajian diambil kesimpulan kalau orang yang memiliki jalinan sosial yang tidak baik memiliki kemungkinan 50 persen tambah tinggi mengalami kematian dini dibandingkan orang dengan jalinan sosial yang baik.

Beberapa pengamat di Amerika Serikat itu membahas 218 studi perihal dampak kesepian dan isolasi sosial pada kesehatan seseorang. Pengamat ini menemukan kalau isolasi sosial tingkatkan kemungkinan kematian bahkan tambah tinggi dibandingkan orang yang memiliki masalah dengan obesitas.

Julianne Holt-Lunstad, profesor di Brigham Young University yang pimpin studi itu, mengatakan, “Berhubungan dan bersosialisasi dengan orang secara umum disaksikan sebagai salah satunya kebutuhan basic manusia. Hal tersebut begitu genting, baik itu keberadaan manusia ataupun kelangsungan hidup.”

Beberapa contoh berlebihan, ujarnya, tunjukkan kalau bayi-bayi yang dalam pengasuhannya kurang kontak sosial dari manusia lain condong gagal berkembang dan kerapkali akhirnya meninggal. “Serta, isolasi sosial atau dikurung sendirian kerapkali jadikan suatu bentuk hukuman,” jelasnya.

Banyak pengamat pula menemukan realitas kalau bertambah besarnya populasi di Amerika Serikat, justru beberapa orang bertambah mengalami keterasingan.

Kesepian membuat orang rasakan tidak baik, baik secara mental ataupun fisik–dan mereka yang kesepian kerapkali merasakan gejala-gejala yang lebih tidak baik saat sedang sakit.

Ini Negara Paling Kesepian

Satu survey paling baru yang dilakukan Granset menemukan, hampir tiga perempat lanjut usia di Inggris kesepian dan kebanyakan mereka tidak sempat berbicara terhadap siapa juga perihal perasaan mereka.

Dalam survey itu tersingkap pula kalau sekitar 70 persen lanjut usia itu mengatakan, sahabat dan keluarga akan terperanjat jika mereka akui kesepian.

Belakangan ini pula Office of National Statistic menyatakan kalau Inggris merupakan negara paling kesepian di Eropa. Data lain, dari Campaign to End Loneliness, sebutkan kalau epidemik kesepian di Inggris Raya menggunakan biaya $26 juta per tahun untuk membayar biaya terkait kesehatan.

Gak berlebihan rasanya jika saat ini Inggris miliki kementerian yang mengurus masalah kesepian ini. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
6 May 2024 - 12:17
Rafah Diserang Israel, 19 Warga Gaza Tewas

WARTAPENANEWS.COM – Israel menyerang Rafah di selatan Gaza pada Minggu (5/5). Aksi Israel adalah tindakan balas dendam atas serangan roket sayap militer Hamas yang menewaskan tiga tentara IDF. Menurut pejabat

01
|
6 May 2024 - 11:14
Pagi Tadi, Gunung Semeru Kembali Erupsi

WARTAPENANEWS.COM – Gunung Semeru yang terletak di Lumajang "batuk" pagi ini, Senin (6/5). Gunung tersebut memuntahkan kolom abu setinggi 700 meter dari atas puncaknya. "Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari

02
|
6 May 2024 - 10:16
Ada Tumpahan Oli, Jalan Juanda Depok Macet Parah

WARTAPENANEWS.COM – Jalan Juanda dari arah Cisalak ke arah Margonda, Depok, macet parah tadi pagi, Senin (6/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Ada tumpahan oli jalan dekat Pesona Square Mal. Pantauan

03