20 April 2024 - 17:06 17:06

Ketua DPD Minta Pemerintah Adopsi Kearifan Lokal saat Buat Kebijakan

WartaPenaNews, Bandung – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) LaNyalla Mattalitti meminta pemerintah mengadopsi kearifan lokal saat merumuskan kebijakan daerah guna memperkuat identitas daerah.

“Saya mengajak pemerintah pusat untuk meningkatkan adopsi kearifan lokal dalam berbagai peraturan pemerintah,” kata LaNyalla secara virtual pada acara Kongres Sunda di Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Dia mengaku pihaknya memahami eksistensi kearifan lokal sebagai cerminan hukum yang masih hidup di tengah masyarakat daerah. Maka dari itu, menurutnya kearifan lokal menjadi faktor penting saat penyusunan aturan daerah.

Dia menjelaskan eksistensi yuridis kearifan lokal di dalam peraturan perundang-undangan telah diatur secara jelas. Oleh karena itu, kata LaNyalla, peraturan perundang-undangan harus tetap mendasarkan kepada kearifan lokal sebagai bagian dari hukum adat.

“Saya mengajak pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, termasuk kalangan masyarakat madani di perguruan tinggi dan Organisasi non-pemerintah, untuk gencar mempromosikan gagasan-gagasan lokal yang mengandung kearifan, yang masih tertanam dan disuburkan masyarakat lokal, sebagai dasar pengambilan kebijakan lokal,” kata dia.

Terkait dengan digelarnya Kongres Sunda, menurutnya gelaran itu merupakan suatu prakasa yang sangat baik untuk melestarikan kearifan lokal dan karakter budaya daerah dalam menjaga kesatuan dan persatuan dalam bingkai NKRI.

“Negeri kita sangat melimpah dengan kekayaan budaya yang perlu dikembangkan dan ditransformasikan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena kebudayaan menjadi elemen penting untuk pengembangan karakter bangsa,” katanya.

Maka dari itu, marwah dan fungsi kebudayaan menurutnya harus dijaga bersama-sama oleh seluruh elemen agar bangsa ini tidak kehilangan identitas serta karakternya. Mulai dari aspek ekonomi, politik, dan sosial, menurutnya perlu diawali dengan nilai-nilai kebudayaan.

“Oleh karenanya yang paling penting ke depan bagaimana kebudayaan Indonesia juga mampu mempengaruhi kebudayaan yang ada di dunia. Kebudayaan Indonesia adalah bagian dari kebudayaan dunia,” kata LaNyalla. (wsa/ant)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03