19 April 2024 - 21:08 21:08

Ketua Partai Konservatif Nadhim Zahawi Dipecat PM Inggris

wartapenanews.com – Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak memecat Ketua Partai Konservatif Nadhim Zahawi pada Minggu (29/1).

Zahawi dipecat setelah penyelidikan independen menemukan dia melakukan pelanggaran serius karena tidak terbuka tentang pembayaran pajak terhadap dirinya ketika menjabat Menteri Keuangan Inggris.

Sebelumnya, Sunak sempat membela Zahawi. Namun, Sunak memerintahkan penasihat independen untuk menyelidiki Zahawi terkait masalah keterbukaan pajak itu.

“Menyusul selesainya penyelidikan penasihat independen, jelas telah terjadi pelanggaran serius terhadap kode menteri,” kata Sunak dalam surat kepada Zahawi dikutip dari Reuters.

“Akibatnya, saya telah memberi tahu Anda tentang keputusan saya untuk mengeluarkan Anda dari posisi Anda di pemerintahan yang mulia,” lanjut Sunak dalam suratnya.

Zahawi mengatakan, badan pajak telah memutuskan dia ‘ceroboh’. Zahawi tidak sengaja membuat kesalahan membayar pajak lebih sedikit dari jumlah seharusnya. Namun, Zahawi telah membayar denda kepada HMRC.

Penasihat independen Sunak, Laurie Magnus, mengatakan Zahawi tidak melapor kepada Sunak saat dirinya sedang diselidiki terkait masalah pajak. Bahkan ketika Sunak mengangkatnya menjadi Ketua Partai Konservatif.

“Saya minta maaf kepada keluarga saya atas kerugian yang telah mereka tanggung,” kata Zahawi.
Pemecatan Zahawi menjadi kemunduran bagi Sunak untuk mengatur ulang pemerintahan setelah dilanda kekacauan pada 2022.

Bahkan Wakil Perdana Menteri Dominic Raab saat ini sedang sedang diselidiki terkait dugaan melakukan intimidasi,

Seorang anggota parlemen Konservatif mengatakan, pemecatan Zahawi merupakan keputusan yang tepat. Bahkan Zahawi seharusnya mengundurkan diri untuk menghindari rasa malu. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03