20 April 2024 - 18:32 18:32

Keuangan China Terancam oleh Bitcoin

WartaPenaNews, Jakarta – China telah membatasi penggunaan cryptocurrency dan Bitcoin untuk bisnis. Negara itu memperingatkan untuk tidak menggunakannya. Badan-badan industri berpendapat, bahwa perubahan harga yang tidak menentu telah melanggar keamanan properti serta mengganggu tatanan ekonomi dan keuangan normal

China, yang menampung lebih dari 75 persen penambangan Bitcoin di dunia, melarang lembaga keuangan dan perusahaan pembayaran untuk menyediakan layanan yang terkait dengan transaksi mata uang digital atau kripto.

Larangan tersebut mencakup institusi seperti bank dan saluran pembayaran online, termasuk semua layanan yang melibatkan cryptocurrency, seperti pendaftaran, perdagangan, kliring dan pembayaran, melansir dari situs Metro, Minggu 23 Mei 2021.

Dalam sebuah pernyataan, tiga badan industri Tiongkok mengatakan baru-baru ini harga cryptocurrency telah meroket dan anjlok. Perdagangan telah melanggar keamanan properti serta mengganggu tatanan ekonomi dan keuangan normal.

Ini bukan pertama kalinya China membatasi perdagangan cryptocurrency. Pada 2017, negara Tirai Bambu itu menutup bursa mata uang kripto lokal, menutup pasar spekulasi yang pada saat itu menyumbang 90 persen dari perdagangan bitcoin global.

Dua tahun kemudian pada Juni 2019, People’s Bank of China mengeluarkan pernyataan yang mengumumkan akan memblokir akses ke pertukaran mata uang kripto domestik dan asing, serta situs web Initial Coin Offering.

Pada saat itu, bank berpendapat bahwa mata uang virtual tidak didukung oleh nilai riil, harganya mudah dimanipulasi dan kontrak perdagangan tidak dilindungi oleh hukum China.

China sebelumnya telah dituduh memanipulasi mata uangnya sendiri, di bawah pemerintahan Donald Trump. Amerika Serikat menuduh China memanipulasi mata uangnya, di tengah perang dagang yang sedang berkembang.(mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
17 April 2024 - 14:51
Kemhan Kembali Beli Kapal Perang

WARTAPENANEWS.COM -  Kementerian Pertahanan RI menandatangani kontak pengadaan kapal perang canggih fregat jenis FREMM (Frigate European Multi-Mission). Total ada dua unit kapal yang dibeli Kemhan. Kemhan RI menjelaskan, pengadaan kapal

01
|
17 April 2024 - 14:11
Diduga Sakit Hati, Suami Bunuh Istri dengan 17 Tusukan

WARTAPENANEWS.COM -  Sakit hati gegara orangtuanya kerap dihina, seorang suami di Kabupaten Pelalawan, Riau nekat menghabisi nyawa istrinya dengan menikam 17 tusukan di kamar mandi rumah saudaranya. Dalam hitungan jam,

02
|
17 April 2024 - 13:14
Satu Terduga Pembunuh Pria Bersimbah Darah di Sampang Ditangkap

WARTAPENANEWS.COM - Polisi berhasil mengamankan satu pelaku dugaan pembunuhan di Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang Madura, Rabu (17/4/2023). Peristiwa berdarah itu menimpa korban IA (26) warga banyusokah, Kecamatan Ketapang, Sampang,

03