29 March 2024 - 20:32 20:32

Khasiat Tersembunyi Bawang Merah Mentah

WartaPenaNews, Jakarta – Bawang merah merupakan salah satu rempah yang wajib ada dalam bumbu masakan agar terasa makin lezat. Ternyata, bawang merah juga berkhasiat bagi kesehatan apalagi jika dikonsumsi secara mentah.

Diterangkan dokter spesialis farmakologi klinik, dr Lonah SpFK, bawang merah memiliki segudang khasiat seperti untuk mengatasi sakit kepala hingga demam. Khasiat lainnya yang sering terabaikan yaitu bawang merah mampu menjaga imunitas tubuh. Tentu, ini menjadi khasiat yang sangat baik di tengah pandemi dalam melawan COVID-19.

Nah, mau tahu khasiat tersembunyi dari bawang merah, khususnya bawang merah yang dikonsumsi mentah? Berikut tiga khasiatnya.

Daya tahan tubuh

Banyak herbal yang juga menjadi tanaman obat untuk menjaga kekebalan tubuh seperti jahe atau kunyit. Selain dua herbal tersebut, bawang merah ternyata memiliki khasiat yang sama namun sering dilupakan.

“Bawang merah termasuk tanaman obat yang memiliki efek imunomodulator alami. Konsumsi satu siung tiap hari dapat pelihara kesehatan dan tingkatkan daya tahan tubuh,” kata dr. Lonah.

Turunkan kolesterol

Bawang merah memiliki senyawa bernama alisin yang mempunyai efek menurunkan kadar kolesterol darah. Konsumsi 2-3 siung bawang merah mentah dan makanan sehat lainnya, dapat bantu turunkan kadar kolesterol Anda.

Diabetes

Penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi bawang merah untuk menjaga kondisinya tetap stabil. Selain konsumsi bawang merah mentah, imbangi makanan sehat pada penderita diabetes serta pola hidup sehat dan obat secara teratur. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
29 March 2024 - 12:16
Antisipasi Pemudik dari Tol Cisumdawu, Tol Cipali Gelar Uji Coba Contraflow

WARTAPENANEWS.COM -  Tol Transjawa yang menghubungkan kota-kota di Pulau Jawa masih jadi pilihan utama bagi pemudik. Tol Cipali sebagai bagian dari Tol Transjawa, melakukan serangkaian persiapan jelang arus mudik. Salah

01
|
29 March 2024 - 11:14
Polisi Jaga Ketat Gereja di NTT

WARTAPENANEWS.COM -  Guna memberikan rasa aman jelang perayaan Misa Jumat Agung 2024, pasukan Gegana dari personel Brimobda NTT melakukan seterilisasi gereja. Salah satunya di Gereja Katederal Imakulata Atambua, Kabupaten Belu.

02
|
29 March 2024 - 10:12
Tarif Listrik April-Juni 2024 Tidak Naik

WARTAPENANEWS.COM - Pemerintah memutuskan tarif listrik subsidi dan nonsubsidi tidak naik di April-Juni 2024. Meski secara parameter, tarif listrik harusnya mengalami kenaikan. Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,

03