28 April 2024 - 09:24 9:24

Kodok Raksasa Ini Bisa Bangun Kolam Sendiri untuk Anak-Anaknya

WartaPenaNews, Jakarta - Type kodok yang seringkali dikatakan sebagai ‘Goliath’ ialah spesies katak terbesar di dunia. Ilmuwan belakangan ini menjelaskan, kodok itu ialah amfibi pertama Afrika yang bisa membuat ‘rumah’-nya sendiri.

Rumah yang dibuat oleh sang kodok ialah kolam kecil membuat perlindungan anak-anaknya, kata ilmuan dalam Journal of Alami History. Dalam membuatnya, katak itu perlu mengalihkan batu seberat 2 kg serta menariknya selama jalan.

Pekerjaan bangun rumah itu, yang sudah berjalan dari generasi ke generasi; dapat menolong meningkatkan kaki serta ukuran tubuh kodok menurut beberapa periset diambil dari Sciencealert.com, Sabtu (10/8/2019).

Katak Goliath cuma diketemukan di Kamerun serta Guinea Ekuatorial, panjangnya sampai 34 cm dengan berat sampai 3,3 kg.

Karena studi ini, katak raksasa itu sudah didapati lakukan usaha laur biasa untuk membuat kolam yang tawarkan perlindungan tambahan dari predator.

“Katak Goliath bukan sekedar besar, tapi penemuan kami tunjukkan jika mereka nampaknya orang-tua yang penuh perhatian,” kata satu diantara anggota team, Marvin Schäfer dari Museum Riwayat Alam Berlin.

Periset menerangkan bagaimana bentuk kolam yang sudah dibuat oleh amfibi itu.

“Kolam kecil yang mereka bikin di pinggir sungai … memberikan telur serta berudu tempat berlindung yang aman dari perairan yang kadang benar-benar deras, dan dari banyak pemangsa yang tinggal disana,” kata Marvin Schäfer.

“Kami fikir pekerjaan berat yang mereka kerjakan untuk menggali serta mengalihkan batu mungkin menerangkan kenapa gigantisme berevolusi pada katak ini.”

Team periset menelusuri pinggir Sungai Mpoula di Kamerun untuk cari bukti bersarang, temukan 22 tempat berkembang biak yang mungkin. Dalam tempat itu, batu serta material yang lain sudah ditumpuk demikian rupa serta kejadian itu tidak berlangsung dengan alami. Di 14 tempat, mereka temukan hampir 3.000 telur.

Rekaman inframerah, selang waktu situs mengutarakan katak Goliath lakukan pekerjaan perlindungan kolam, jaga satu diantara sarang pada predator.

Penggalian tambak sebetulnya tidak diamankan di camera, tapi beberapa ilmuwan berhipotesis jika katak memakai kaki mereka yang benar-benar kuat untuk mengalihkan batu ke tempatnya, berdasar ukuran yang sama dari spesies katak yang lain yang didapati menggali kolam. (mus)

Follow Google News Wartapenanews.com

Jangan sampai kamu ketinggalan update berita menarik dari kami.

Berita Terkait

|
27 April 2024 - 13:12
Lokasi Bunuh Diri Brigadir Ridhal di Mampang Didatangi Keluarga

WARTAPENANEWS.COM – Keluarga Brigadir Ridhal, anggota Polresta Manado yang ditemukan tewas dengan luka tembak di dalam mobil Alphard di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, mendatangi lokasi kejadian peristiwa. Brigadir Ridhal diduga

01
|
27 April 2024 - 12:36
Bule Australia yang Aniaya Sopir Taksi di Bali Dibekuk

WARTAPENANEWS.COM – Maika James Folauhola (24), warga negara (WN) Australia, ditangkap terkait kasus penganiayaan terhadap sopir taksi bernama Putu Arsana. Penganiayaan tersebut terjadi di Jalan Area Central Parkir Kuta, Kuta,

02
|
27 April 2024 - 12:10
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Peralihan Musim

WARTAPENANEWS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem yang masih bisa mengintai di periode peralihan musim hujan ke kemarau. BMKG memonitor masih terjadinya hujan

03